Breaking News:

4 Aplikasi Ini Hadirkan Peringatan Dini Banjir, Cocok Digunakan di Musim Hujan

Di era teknologi digital seperti saat ini, pantauan cuaca dan potensi banjir bisa dilakukan melalui layar ponsel.

WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Sejumlah kendaraan melintasi banjir yang menggenangi Jalan Gunung Sahari Raya, Pademangan, Jakarta Utara, Jumat (17/1/2014). Hujan lebat yang mengguyur Jakarta sejak pagi, membuat jalan tersebut tergenang. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, Sambas - Hujan deras yang terjadi Sabtu (20/2/2021) kemarin menyebabkan banjir di sejumlah wilayah Jabodetabek terutama di Jakarta, Bekasi, dan Tangerang.

Musibah banjir besar di awal tahun 2021 ini membuat banyak warga yang mengungsi sampai harus merelakan harta bendanya yang terendam banjir.

Meski hujan berlangsung hanya beberapa jam, debit air yang menggenang pun cukup cepat membuat banjir dengan ketinggian mulai 100 cm sampai 2,5 meter.

Di era teknologi digital seperti saat ini, pantauan cuaca dan potensi banjir bisa dilakukan melalui layar ponsel.

Berbagai aplikasi di smartphone kini mampu memetakan daerah mana saja yang memiliki potensi banjir dan update lalu lintas yang terdampak.

Baca juga: Bertemu Sopir Taksi Tuna Rungu, Mahasiswi ITB Sukses Ciptakan Aplikasi untuk Difabel

Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang yang membantu Anda memantau titik banjir dan genangan air yang dirangkum Tribunnews.com:

1. PetaBencana

Situs pemantau bencana alam di seluruh wilayah Indonesia ini sangat berfungsi untuk memantau titik-titik lokasi bencana seperti banjir.

Melalui situs ini, ditampiklan peta dan zona mana saja yang masih dalam status tanggap darurat bencana berdasarkan laporan yang masuk dari netizen.

Halaman
123
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved