ManfaatkanTeknologi Satelit, Daya Saing Lada Indonesia Dipacu Lewat Aplikasi SpiceUp

Untuk menggenjot daya saing produksi lada Indonesia, kini muncul aplikasi bernama SpiceUp dan bisa diakses melalui smartphone.

Editor: Choirul Arifin
dok.
Peluncuran SpiceUp, aplikasi di smartphone yang mengkombinasikan teknologi satelit untuk memacu daya saing lada Indonesia, Kamis (1/4/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Teknologi digital kini semakin dalam menjadi enabler bagi sektor pertanian di Indonesia, mulai dari hulu sampai saat panen dan pasca panen.

Terbaru, untuk menggenjot daya saing produksi lada Indonesia, kini muncul aplikasi bernama SpiceUp dan bisa diakses melalui smartphone.

Aplikasi ini resmi diluncurkan secara virtual, Kamis (1/4/2021) kemarin dalam sesi diskusi bertajuk Launching Event SpiceUp Application: Technology-Based Smart Agriculture for Pepper Cultivation mengangkat masalah kualitas dan kuantitas  dan daya saing biji lada produksi petani Indonesia.

SpiceUp didesain menjadi aplikasi yang mampu memberikan solusi inovatif berupa aplikasi geodata yang mudah diakses oleh petani lada di lokasi perkebunan yang berbeda-beda.

CEO Verstegen Spices & Sauces B.V., Michel Driessen optimistis, aplikasi SpiceUp bisa menjadi terobosan yang bermanfaat bagi petani dan juga pemangku kepentingan lainnya, termasuk para kolektor dan pengusaha.

Baca juga: Periscope Tutup Layanan di Play Store dan App Store, Pamitan di Twitter

Dengan kombinasi teknologi satelit, data lokasi dan survey lapangan, pengguna aplikasi SpiceUp dapat mengandalkannya untuk mengakses informasi spesifik.

Yakni mencakup prediksi cuaca, saran pengelolaan air, tanah dan hama penyakit, rekomendasi GAP, traceability (keterlacakan) dan harga pasar yang menguntungkan posisi petani kecil.

Baca juga: Cara Menghemat Memori Penyimpanan WhatsApp, HP Jadi Tidak Lemot

Sebagai tindak lanjut peluncuran aplikasi SpiceUp, kegiatan bimbingan teknis kepada petani di sentra penghasil lada utama di Indonesia akan dilaksanakan melalui koordinasi dengan pemerintah provinsi.

Baca juga: Detail Perubahan Samsung Galaxy S21 Series 5G setelah Software Update, Apakah Semakin Epik?

Diharapkan akan lebih banyak lagi petani lada yang mengetahui, mengunduh aplikasi SpiceUp yang sudah tersedia di Google Play Store, dan menerapkan rekomendasi dari SpiceUp di kebun mereka.

Kebun percontohan skala kecil di lahan petani juga akan dikembangkan di beberapa wilayah di provinsi Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur sebagai media pembelajaran petani secara langsung mengenai penerapan saran dan rekomendasi yang diberikan oleh aplikasi SpiceUp.

Disambut Positif

Peluncuran aplikasi ini mendapat sambutan positif Kementerian Dalam Negeri RI, Kementerian Pertanian RI, serta Kedutaan Besar RI untuk Uni Eropa, dan Kedubes RI untuk Belanda.

Peluncuran ini dihadiri oleh pejabat dari lembaga-lembaga pemerintahan tersebut serta Pemerintah daerah penghasil utama lada Indonesia seperti Pemprov Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur.

Dr. Ir Fadjry Djufry, M.Si, Kepala Badan Penelitian & Pengembangan, menuturkan bahwa Indonesia masih tertinggal sekitar 150.000 hektar dan produksi/ha dibandingkan Vietnam yang patut menjadi PR bagi segenap jajaran, termasuk pemerintah daerah.

“Kami telah merilis 10 varietas lada unggul yang sudah tersebar di beberapa propinsi dan menyambut gembira inisiatif SpiceUp sebagai salah satu upaya perbaikan produktivitas melalui berbagai program teknis, peningkatan ekspor dan inovasi untuk mengembalikan kejayaan rempah Indonesia,” kata Fadjry.

Dr. Drs. A. Fatoni, M.Si, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri menegaskan pentingnya inovasi guna peningkatan daya saing komoditas, kesejahteraan petani dan kemajuan ekonomi sesuai visi dan misi Presiden Joko Widodo.

“Pemerintah daerah berkewajiban menumbuhkankembangkan inovasi, memberi stimulasi dan menciptakan iklim kondusif di wilayahnya demi memfasilitasi SDM untuk menciptakan inovasi yang kolaboratif,” ungkapnya.

Hal ini yang menjadi dasar yang kokoh untuk mendorong aplikasi SpiceUp dalam pengembangan pertanian cerdas berbasis teknologi atau smart agriculture, khususnya untuk budidaya lada Indonesia.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved