Breaking News:

Kini Konten Kreator dan Influencer Bisa Dapat Penghasilan Tambahan dari Instagram dan Facebook

Langkah ini diambil Facebook dan Instagram untuk mendorong kreator mendapat penghasilan ekstra.

TRIBUN JOGJA
Ilustrasi Instagram 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Raksasa media sosial Facebook dan Instagram memberi kesempatan bagi konten kreator dan influencer untuk mendulang cuan lewat platformnya.

Kedua media sosial terpopuler di dunia itu sedang mengembangkan inisiatif baru untuk membantu kreatornya mendapatkan penghasilan tambahan dan bonus. Inisiatif itu disampaikan langsung oleh CEO Facebook Mark Zuckerberg dalam event Creator Week.

Melalui program baru ini, kreator dan influencer berkesempatan mendapatkan penghasilan ekstra dan juga bonus dengan cara livestream. Bonus akan diberikan Facebook apabila jumlah viewers dalam tayangan siaran langsung mencapai target yang ditentukan.

Selain itu, Kreator Instagram bisa mendapatkan bonus dengan menjual lencana atau badge saat livestream, atau saat livestream dengan akun lain.

Untuk kreator di Facebook, pengguna bisa mendapatkan bonus itu dengan mengikuti 'Stars Challenges', sebuah tantangan unik yang harus dijalani untuk mengunci bonus. Melalui tantangan itu, Facebook akan memberikan bonus kepada kreator setelah memenuhi target livestream yang telah ditetapkan dan menyelesaikan misi lainnya.

Baca juga: Saat Google Tak Lagi Jadi Mesin Pencari Andalan di Android, Apa Penyebabnya?

Langkah ini diambil Facebook dan Instagram untuk mendorong kreator mendapat penghasilan ekstra. Dengan adanya program baru ini, diharapkan mendorong mereka untuk lebih sering membuat konten untuk para penggemarnya di Instagram dan Facebook.

Baca juga: Spotify Down, Tidak Bisa Update Musik ke Instagram

"Kami yakin bahwa kalian harus diberi hadiah atas value yang kalian berikan kepada penggemar dan komunitas secara keseluruhan. Facebook dan Instagram selalu mendukung sekaligus mendorong para kreator untuk terus berimprovisai dalam menyiarkan konten secara livestream," kata Zuckerberg, seperti dikutip dari Tech Crunch, Kamis (10/6/2021).

Baca juga: Facebook Blokir Akun Donald Trump Hingga Tahun 2023

Mark juga mengungkapman cara baru bagi kreator untuk mendapatkan komisi dari postingan endorsement dalam akun bisnis. Melalui perubahan aturan ini, brand bisa menetapkan biaya komisi untuk produk yang mereka jual di Instagram secara legal sesuai kontrak yang disepakati.

Dalam event ini, Zuckerberg juga mengumumkan bahwa Facebook akan mulai mengambil komisi dari pendapatan kreator mulai tahun 2023. Tapi, Mark menjamin bahwa potongan yang diambil Facebook tidak akan sebesar Apple dan lainnya yang mengambil komisi sebesar 30 persen.

Kreator dan influencer yang rajin men-tag produk tersebut di postingannya akan mendapatkan komisi berdasarkan jumlah produk yang terjual lewat postingannya. Hasil penjualan juga tercatat langsung dalam Insight di Instagram sehingga catatan endorsement terangkum detail dan jelas.

Instagram akan menguji coba program komisi ini kreator kawakan dan bisnis di Amerika Serikat seperti Benefit, Kopari, MAC, Pat McGrath Labs dan Sephora.

Penulis: Fandi Permana
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved