Breaking News:

Teknologi 5G

Melesat Kencang, Trial 5G Smartfren Capai Kecepatan Unduh 1,85 Gbps dan Streaming 4K Anti Lag

Smartfren memamerkan kecepatan jaringan 5G di frekuensi 26 GHz yang mencapai kecepatan unduhan atau download hingga 1,85 gbps

/Jeprima
President Director Smarfren Merza Fachys saat berbincang dengan Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika, Kominfo Mulyadi, ST., MT disela-sela acara Uji Coba jaringan 5G Tahap Dua Kominfo dengan Smartfren, di Gedung Smartfren, Jakarta Selatan, Kamis (17/6/2021). Dalam uji coba ini Kominfo dan Smartfren menguji teknologi 5G menggunakan mmWave 28 GHz pada berbagai model penggunaan konsumen, seperti smartphone, CPE, laptop, hingga virtual reality. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Operator seluler Smartfren baru saja menggelar uji coba tahap kedua jaringan 5G di Indonesia hari ini, Kamis (17/6/2021).

Dalam trial itu, Smartfren memamerkan kecepatan jaringan 5G di frekuensi 26 GHz yang mencapai kecepatan unduhan atau download hingga 1,85 gbps atau gigabits per second.

Baca juga: Ingin Tampil All Out, Ini Strategi yang Bakal Disiapkan Smartfren Sebelum Komersialisasi 5G

Tentu kecepatan itu tak lepas dari penggunaan frekuensi tertinggi yang belum pernah digunakan oleh operator manapun di Indonesia.

Selain menggunakan frekuensi 26 GHz atau Milimeter-wave (mmWave) yang digunakan Smartfren.

Hasilnya, kecepatan unduh dalam internet yang digelar Smartfren berkisar di angka 1,85 Gbps dan naik turun di 1,7-1,8 Gbps.

Baca juga: Gelar Demo 5G Bersama Kominfo, Smartfren Pakai Spektrum Frekuensi Tertinggi

Pengujian juga dilakukan saat melkukan streaming video YouTube dengan resolusi tertinggi 4K atau 2160p alias resolusi tertinggi. Tampak bahwa video tersebut lancar dan bisa dipercepat ke durasi akhir meski masih ada sedikit lag.

"Kami ingin menggelar jaringan 5G secara totalitas. Ini bisa dilihat dari video YouTube yang ditayangkan tanpa lag, kemudian unduhan kita tembus 1,85 Gbps," kata Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachrys, Kamis (17/6/2021).

Tak sampai di situ, Smartfren juga membuktikan kehebatan 5G-nya bisa diimplemantasikan lewat perangkat kacamata berfitur virtual reality atau VR.

Baca juga: Realme 8 5G Gunakan Band N40 Agar Prima Tangkap Sinyal 5G

Jaringan 5G Smartfren terbukti bisa digunakan untuk kebutuhan industri dan mengiklankan wisata langsung dengan mode VR.

Halaman
12
Penulis: Fandi Permana
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved