Breaking News:

Teknologi 5G

Forum 5G Indonesia Dorong Pemerintah Segera Lelang Frekuensi Milimeter-Wave untuk Optimalkan 5G

Operator telekomunikasi di Indonesia saat ini tengah berlomba agar bisa mendapat izin menggelar layanan 5G.

IEE Innovation at Work
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Operator telekomunikasi di Indonesia saat ini tengah berlomba agar bisa mendapat izin menggelar layanan 5G.

Setelah Telkomsel dan Indosat yang telah Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) untuk memberikan layanan 5G, beberapa operator lain pun tengah bersiap.

Seperti Smartfren yang menguji jaringan itu di pita frekuensi Milimeter-wave (mmWave) pada beberapa hari lalu.

Baca juga: Vivo Siap Penuhi Regulasi TKDN Smartphone 5G dari Pemerintah Indonesia

Ketua Forum 5G Indonesia Sigit Puspito Wigati Jarot menilai wajar jika operator telekomunikasi di Indonesia mulai gencar berlomba-lomba menggelar 5G di Indonesia.

Alasan operator mulai melirik 5G karena teknologi itu sudah terselenggara pada banyak negara di dunia, sehingga penggelaran 5G di Indonesia saat ini bukan merupakan keharusan untuk bergerak maju.

"Banyak sekali potensi bisnis yang dapat dibuat dengan layanan 5G. Saya berharap operator tidak terlalu konservatif dalam mengimplementasikan 5G. Rugi jika operator konservatif dalam mengembangkan 5G," ungkap Sigit dalam keterangan tertulis, Senin (21/6/2021).

Baca juga: Teknologi 5G Hadir di Indonesia, Perlukah Upgrade Smartphone Sekarang?

Sigit mengatakan operator telekomunikasi memiliki objektif masing-masing dalam menggelar 5G sehingga dalam menyediakan layanan itu penuh dengab kehati-hatian.

Hal ini dilakukan supaya bisnis mereka bisa terus berlanjut dan kompetitif dibanding operator lain.

Seperti diketahui, layanan 5G di dunia didesain untuk komunikasi data yang cepat, aplikasi IoT yang masif, serta aplikasi khusus yang membutuhkan latensi sangat rendah. Namun, untuk pengoperasian ini operator masih memiliki banyak kendala untuk mengembangkan bisnis 5G di Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Fandi Permana
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved