Breaking News:

Android Sempat Ngadat, Bos Xiaomi Indonesia Sebut Akibat Update Google

Pengguna ponsel Android pun mengeluhkan layanan Google yang error terutama saat menggunakan aplikasi yang tiba-tiba keluar sendiri

tangkap layar Twitter.com/XiaomiSupport
Tanggapan Tim Support Xiaomi mengatasi Google Keeps Stopping, Selasa (22/6/2021) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengguna Android mengalami perlambatan kinerja pada ponselnya pada Selasa (22/6 /2021) kemarin.

Pengguna ponsel Android pun mengeluhkan layanan Google yang error terutama saat menggunakan aplikasi yang tiba-tiba keluar sendiri.

Meski sampai saat ini pihak Google belum mengeluarkan pernyataan resmi mengenai masalah ini.

Baca juga: Xiaomi Patenkan Teknologi Pengisian Baterai Lewat Suara di Ponselnya

Kejadian serupa juga pernah terjadi beberapa waktu lalu pernah terjadi kejadian tepatnya pada Maret lalu, di mana sejumlah aplikasi Android mengalami crash.

Penyebab terjadinya masalah itu adalah Android System WebView, sebuah sistem aplikasi yang membuat aplikasi Android bisa menampilkan konten dari situs dan aplikasi bawaan ponsel.

Baca juga: Xiaomi Hadirkan Puteri Indonesia Jihane Almira di Penjualan Perdana Mi 11 Lite

Masalah tersebut kini tentu sudah diperbaiki oleh Google, yaitu dengan pembaruan Android System WebView versi 89.0.4389 dan juga pembaruan di Chrome versi terbaru.

Pada permasalahan yang terjadi pada akhir Maret itu, Android mengalami error setidaknya selama tujuh jam.

Saat itu Google mengakui adanya masalah di WebView-nya. Sejumlah pengguna pun mengaku bisa mengatasi masalah tersebut dengan meng-uninstall pembaruan terakhir untuk WebView.

Tentu jika hal ini terjadi lagi di kemudian hari, langkah ini sepertinya masih bisa dipakai untuk mengatasi masalah 'Google terus berhenti' atau 'Google keeps stopping' yang tengah terjadi.

Salah satu yang menyatakan cara ini adalah Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia lewat akun Twitternya. Alvin memberikan tips jika masalah Android WebView error melalui menghapus data update Google.

"Untuk saat ini anda bisa mengatasi masalah ini dengan menghapus update Google," tulis Alvin di akunnya @AlvinTse, Selasa (22/6/2021).

Bos Xiaomi Indonesia menyarankan untuk tak memperbarui aplikasi Google untuk sementara waktu jika memang belum terlanjur melakukan pembaruan.

Kini, aplikasi Google WebView telah pulih. Namun jika kembali error, tips dari Alvin sepertinya cocok untuk dilakukan untuk memulihkan kinerja ponsel.

Penulis: Fandi Permana
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved