Breaking News:

Indihome Alami Gangguan, Perbaikan Kabel Bawah Laut Jasuka Butuh Satu Bulan

Kabel bawah laut Jawa, Sumatera dan Kalimantan atau Jasuka yang membuat layanan internet IndiHome mengalami gangguan sedang diperbaiki

ISTIMEWA
Ilustrasi pelayanan IndiHome 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kabel bawah laut Jawa, Sumatera dan Kalimantan atau Jasuka yang membuat layanan internet IndiHome mengalami gangguan saat ini sedang dalam perbaikan.

Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Dedy Permadi mengatakan, saat ini memang sedang dilakukan perbaikan kabel bawah laut Jasuka oleh PT Telkom.

Baca juga: Kabel Bawah Laut Digigit Hiu Disebut Jadi Penyebab Jaringan IndiHome & Telkomsel Down, Ini Faktanya

"Perbaikan kabel bawah laut ini, diprediksi akan membutuhkan waktu kurang lebih satu bulan," ucap Dedi saat dihubungi Tribunnews, Jumat (24/9/2021).

Selain itu, lanjut Dedy, perbaikan kabel laut Jasuka ini berbarengan dengan perbaikan kabel laut lainnya di ruas Batam-Manado.

"Ruas kabel bawah laut Batam-Manado ini digunakan sebagai backup PT Telkom, dan telah melakukan routing trafik pengguna layanan internet," ucap Dedi.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Kabel Laut Jasuka yang Jadi Sumber Gangguan Internet Telkom Indihome

Dedy mengungkapkan, Kemkominfo meminta para penyelenggara telekomunikasi yang melakukan perbaikan kabel tersebut untuk tetap menghadirkan layanan jaringan internet yang optimal.

Sebelumnya layanan IndiHome mendadak mengalami gangguan jaringan, yang membuat penggunanya sulit untuk mengakses internet.

Pengguna layanan internet IndiHome diketahui tidak bisa melakukan akses terhadap browser, sejak Minggu (19/9/2021) malam.

Telkom sebagai penyedia layanan internet IndiHome mengatakan, bahwa ada gangguan teknis yaitu sistem komunikasi kabel laut di Jawa, Sumatera dan Kalimantan ruas Batam-Pontianak.

Baca juga: #indihomedown Trending di Twitter, IndiHome Pastikan Layanan Internet Sudah Berangsur Pulih

Halaman
12
Penulis: Hari Darmawan
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved