Breaking News:

Lewat Aplikasi Tokko, Pebisnis UMKM Bisa Bikin Websitenya Sendiri dengan Bermodal Smartphone

Melalui aplikasi Tokko, pelaku UMKM bisa membuat website resmi mereka sendiri hanya dengan bermodalkan smartphone.

Editor: Choirul Arifin
dok. Tokko
Lorenzo Peracchione, Founder & CEO Tokko. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Masyarakat Jawa Barat, khususnya para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), kini bisa go digital untuk memperluas basis pemasaran produk mereka melalui platform digital bernama Tokko.

Tokko meriupakan platform yang dirancang agar bisa digunakan pedagang dengan mudah untuk membangun bisnis online mereka.

Aplikasi ini membuka akses ke konsumen sehingga pedagang akan mudah meningkatkan jumlah pelanggan dengan lebih cepat.

Lorenzo Peracchione, Founder & CEO Tokko, mengajak para pelaku UMKM untuk mengambil kesempatan ini dalam mengembangkan bisnis di platform digital melalui aplikasi Tokko yang bisa diunduh di Google Play Store.

Melalui aplikasi Tokko, pelaku UMKM bisa membuat website resmi mereka sendiri hanya dengan bermodalkan smartphone.

Salah satu keunggulan jika UMKM sudah memiliki website resmi sendiri adalah identitas brand pelaku UMKM akan tertap terjaga.

Baca juga: Tokko Ajak UMKM Manfaatkan Platform Digital untuk Tingkatkan Kesejahteraan

Hal ini tentu saja berbeda dengan berjualan di e-commerce atau marketplace yang hampir tidak memperhatikan branding.

“Yang paling penting, setelah memiliki website resmi, kita akan membangun hubungan yang terus-menerus dengan pelanggan. Dengan Tokko ada fitur daftar pelanggan yang memudahkan kamu menghubungi pelanggan setia kamu,” beber Radix Juniardi Hidayat, Lead Product Manager Tokko di sela acara peluncuran aplikasi ini secara virtual, Sabtu (26/9/2021).

Baca juga: Qasir Kenalkan Aplikasi Point of Sale Berbasis Amazon Web Service untuk Bisnis UMKM

Radix menjelaskan, platform digital Tokko sudah terintegrasi dengan berbagai macam opsi pengiriman baik regular, ekspres, same day, sampai instan yang disediakan oleh partner logistik mereka.

Radix Juniardi Hidayat
Radix Juniardi Hidayat, Lead Product Manager Tokko

Fitur terbaru dari Tokko yang tidak didapatkan di platform lainnya adalah, para pelaku bisa mengelola iklan online yang sudah terintegrasi dalam platform Tokko seperti iklan Facebook, Instagram, dan Google untuk menjangkau pelanggan baru.

Baca juga: Transaksi Digital di Toko Kelontong SRC Tembus Rp 31 Miliar

Tokko juga bekerjasama dengan Kaya ID untuk memajukan UMKM melalui bimbingan dan pelatihan branding yang kuat di Kaya ID selaku inkubator bisnis.

Nita Kartika Sari, CEO Kaya ID menegaskan memiliki toko online resmi adalah kunci menuju sukses.

“Karena dengan menggunakan fitur di dalam Tokko, kita bisa tahu konsumen kita kesukaannya apa saja, produk yang paling disukai apa saja, semua data konsumen kita ketahui," ujarnya.

Selain itu biaya pemakaian platform yang dikenakan Tokko ke pemakainya memang tidak semahal e-commerce atau marketplace lainnya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved