Breaking News:

Tokko Ajak UMKM Manfaatkan Platform Digital untuk Tingkatkan Kesejahteraan

Platform digital ini bernama Tokko dan disiapkan menjadi gerbang utama untuk meraih kesuksesan di dunia digital.

dok. Tokko
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di acara peluncuran platform digital Tokko untuk UMKM di Bandung, Jawa Barat secara virtual, Sabtu (25/9/2021) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA –  Masyarakat Jawa Barat patut berbangga. Hari ini hadir sebuah platform digital yang dijanjikan akan memberikan banyak manfaat buat para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Platform digital ini bernama Tokko dan disiapkan menjadi gerbang utama untuk meraih kesuksesan di dunia digital.

Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, yang turut membuka peluncuran platform Tokko di Bandung, Jawa Barat secara virtual, Sabtu (25/9/2021) optimistis platform digital ini akan mendapat sambutan positif pelaku UMKM di Jawa Barat.

“Hari ini merupakan peristiwa yang sangat penting sekali, karena orang-orang yang hadir saat ini adalah orang-orang yang tengah beradaptasi untuk meraih kesuksesan. Saya doakan semua yang hadir adalah kelompok yang mau berubah, mau beradaptasi, mau belajar, untuk mendapatkan kesuksesan di masa depan,” terang Ridwan Kamil di depan para pelaku UMKM yang hadir secara virtual.

Potensi ekonomi digital membuka pasar yang tidak terbatas bagi pelaku UMKM.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat sendiri sangat peduli dengan upaya-upaya peningkatan keterampilan UMKM khususnya di bidang digitalisasi, karena 90% ekonomi Prov. Jabar adalah berasal dari UMKM.

Baca juga: Qasir Kenalkan Aplikasi Point of Sale Berbasis Amazon Web Service untuk Bisnis UMKM

“Kita ingin semua UMKM ini go digital, sehingga kita melakukan pendampingan dan pelatihan, salah satunya di aplikasi Tokko,” tutur Ridwan Kamil.

Dalam konteks potensi ekonomi digital, pada tahun 2020 aktivitas jual beli ekonomi digital Indonesia mencapai USD44 juta atau setara Rp631 triliun.

Baca juga: Aplikasi Ini Ajak Warung Tradisional Go Digital Lewat Sistem Pencatatan Transaksi dan Stok Barang

Diperkirakan dalam hitungan lima tahun atau pada 2025, akan ada potensi ekonomi digital sebesar USD124 juta atau setara Rp1.744 triliun. Ini menurut laporan riset Google dan Temasek baru-baru ini.

“Maka dari itu saya mengapresiasi, aplikasi Tokko ini bisa memperkaya peluang ekonomi digital yang masih 3 kali lipat jumlahnya dari yang kita lihat hari ini,” lanjut Ridwan Kamil.

Baca juga: Gandeng Akselerator UMKM, E-Commerce Lokal Ini Bantu Genjot Digitalisasi Bisnis Kecil

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved