Breaking News:

Gawat, Anak-anak di China Masih Kecanduan Game, Upaya Pembatasan Tak Efektif

Sejumlah platform perdagangan online di China menawarkan bisnis penyewaan dan penjualan akun game.

Editor: Choirul Arifin
China Daily
Sejumlah platform perdagangan online di China menawarkan bisnis penyewaan dan penjualan akun game. 

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING - Kebijakan Pemerintah China untuk membatasi waktu bermain game pada anak dianggap masih penuh celah. Media Pemerintah China mendesak semua celah segera ditutup agar upaya mencegah kecanduan game bisa berhasil.

Surat kabar milik Pemerintah China, People's Daily, pada Senin (11/10/2021) melaporkan, sejumlah platform perdagangan online menawarkan bisnis penyewaan dan penjualan akun game.

Melalui layanan tersebut, pengguna bisa melewati pengawasan dengan menyewa dan membeli akun serta bermain game online tanpa batasan.

"Dengan berbagai cara pengguna bisa melewati pengawasan dan bermain game online tanpa batasan. Artinya, masih ada celah bagi remaja untuk memasuki game online, ini patut mendapat perhatian," tulis People's Daily, seperti dikutip Reuters.

Tulisan surat kabar yang ada di bawah Partai Komunis China tersebut juga mengatakan, beberapa platform perdagangan game telah mengambil tindakan tegas dengan melarang anak di bawah umur untuk membeli, menjual, dan menyewa akun.

Perusahaan penyedia game dinilai harus lebih aktif memenuhi tanggungjawab sosial mereka dalam melindungi masa depan anak-anak yang akan menjadi generasi penerus negara.

Baca juga: Mainan Edukatif, Antisipasi Anak Kecanduan Gadget

"Perusahaan game harus secara aktif memenuhi tanggungjawab sosial, bertanggungjawab atas pertumbuhan generasi berikutnya yang sehat, dan mempromosikan perkembangan industri yang sehat," sebut People's Daily.

Baca juga: Seminggu Puasa Main Instagram, Ernest Prakasa Sadar Kalau Dirinya Kecanduan

Tidak hanya pemerintah dan perusahaan penyedia game, keluarga serta sekolah juga didesak untuk menciptakan lingkungan yang kondusif agar langkah-langkah untuk mencegah kecanduan game bisa dilaksanakan dengan baik.

Baca juga: Begini Tips Agar Jadi Master Bermain Game di Platform MPL

People's Daily secara khusus menyoroti pentingnya pengawasan orangtua karena banyak ditemukan kasus anak di bawah umur menggunakan identitas mereka untuk mendaftar game.

‚ÄčTiga Jam per Minggu

Halaman
12
Sumber: Kontan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved