Breaking News:

Percepat Proses Transaksi, Widya Wicara Tawarkan Chatbot yang Bisa Berinteraksi Layaknya Manusia

PT Widya Wicara tawarkan chatbot yang bisa berinteraksi layaknya manusia untuk mempercepat proses transaksi nasabah.

Penulis: Inza Maliana
Editor: Miftah
Tribunnews.com/Istimewa
PT Widya Wicara tawarkan chatbot yang bisa berinteraksi layaknya manusia untuk mempercepat proses transaksi nasabah. 

TRIBUNNEWS.COM - PT Widya Informasi Nusantara (Widya Wicara) menghadirkan chatbot pintar yang bisa mempercepat proses transaksi layaknya manusia biasa.

Perusahaan lokal yang berbasis di Yogyakarta ini melihat sektor perbankan, layanan finance, dan juga perusahaan asuransi BFSI kerap mengalami proses transaksi yang panjang dan bertele-tele.

Bahkan, proses tersebut seringkali membingungkan nasabah hingga akhirnya berhenti di tengah jalan dan memilih tidak melanjutkan transaksi.

Untuk mencegah hal tersebut, perlu perubahan pada sistem transaksi yang diterapkan agar lebih ringkas, mudah, cepat, dan tidak berbelit-belit.

Direktur PT Widya Informasi Nusantara, Linawati menyampaikan, solusi yang paling tepat untuk memangkas waktu pada proses transaksi adalah menerapkan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, salah satu contoh teknologinya adalah chatbot.

Berdasarkan data dari IBM, tingkat kemampuan chatbot untuk menjawab pertanyaan berulang (repetitive question) mencapai angka 80 persen.

Chatbots Magazine juga menyebutkan bahwa penggunaan chatbot dapat memangkas biaya hingga 30 persen.

Baca juga: Dongkrak Bisnis Indonesia, Widya Wicara Hadirkan Chatbot yang Bisa Tingkatkan Customer Experience

Baca juga: WHO Hadir Sebagai Chatbot Lewat WhatsApp, Ada Menu Myth-Busters untuk Menghindari Hoaks

PT Widya Wicara tawarkan chatbot yang bisa berinteraksi layaknya manusia untuk mempercepat proses transaksi nasabah.
PT Widya Wicara tawarkan chatbot yang bisa berinteraksi layaknya manusia untuk mempercepat proses transaksi nasabah. (Tribunnews.com/Istimewa)

"Perusahaan teknologi Indonesia, PT Widya Informasi Nusantara (Widya Wicara), ingin memfasilitasi lembaga keuangan seperti perusahaan perbankan, layanan finance,dan perusahaan asuransi dalam menciptakan sistem layanan yang lebih singkat, efektif dan efisien."

"Maka dari itu, selain mengembangkan teknologi Speech to Text (STT), Text to Speech (TTS), Widya Wicara juga mengembangkan produk chatbot dengan nama Chatbot Widya Wicara," kata Linawati, dalam keterangan yang diterima Tribunnews, Selasa (23/11/2021).

Linawati menyebut, chatbot Widya Wicara merupakan chatbot pintar berbasis teknologi artificial intelligence (AI) dan dilengkapi dengan Natural Language Processing (NLP).

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved