Dorong Gairah Industri Gim Lokal Lewat Turnamen Jawara Nusantara

Pasar gim nasional saat ini didominasi oleh gim buatan luar negeri sebesar 99,5 persen atau setara 1,7 miliar dolar AS

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
IST
Ilustrasi gim di smartphone 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pasar gim nasional saat ini didominasi oleh gim buatan luar negeri sebesar 99,5 persen atau setara 1,7 miliar dolar Amerika Serikat lebih di 2020.

Di 2025, pasar gim Indonesia diprediksi akan mencapai 2,5 miliar dolar AS dan pasar global mobile gaming akan meningkat hingga 125 miliar dolar AS.

Karenanya,dibutuhkan peran banyak pihak untuk mendorong  kemajuan industri gim buatan dalam negeri.

Direktur Utama Melon Indonesia Aris Sudewo mengatakan, adanya dukungan ini akan membuat game lokal memiliki daya saing dengan game-game buatan developer asing.

“Kami sebagai bagian dari Telkom Group sebagai publisher berharap gim lokal mendorong industri kreatif di Indonesia secara keseluruhan, mulai dari Developer, Esports Player, Talent Caster, dan Content Creator,”  kata Aris Sudewo dalam keterangannya, Senin (11/4/2022).

Salah satu keterlibatan Melon Indonesia adalah di penyelenggaraan turnamen game Lokapala: Saga Of The Six Realms bertajuk "Jawara Nusantara" yang digagas Dunia Games Telkomsel pada 21-27 Maret 2022.

Baca juga: Game NFT F1 Delta Time Resmi Ditutup, Aset Tokennya Kini Tak Laku di Pasaran

"Keterlibatan Melon Indonesia dalam turnamen tersebut tak lain sebagai bentuk dukungan terhadap game lokal agar memiliki daya saing dengan game-game buatan developer asing," katanya.

Baca juga: Menparekraf: Revenue Industri Gim Terus Meningkat Tiap Tahun

Aris menyebut, di antara berbagai judul game lokal yang beredar di Indonesia, Lokapala: Saga Of The Six Realms menjadi salah satu game yang sukses diterima oleh para gamer di Indonesia.

“Saya berharap game lokal Lokapala semakin diterima dan dicintai oleh masyarakat Indonesia khususnya pecinta gim Multipalyer Online Battle Arena (MOBA). Lokapala sebagai game lokal harus terus bisa bersaing dengan game MOBA lainnya guna menjawab tantangan industri game di tanah air dan bisa menjadi lokomotif awal perkembangan industri game lokal di Indonesia yang inklusif,” ucap Aris.

Baca juga: Luhut Singgung Industri Gim Lokal, Pengembangannya Harus Lebih Masif

Penyelenggaraan turnamen game Lokapala: Saga Of The Six Realms bertajuk "Jawara Nusantara" berlangsung meriah dan seru dengan tim esports Jeet Capital yang keluar sebagai pemenang.

Jeet Capital berhasil menjadi juara setelah berhasil melakukan Epic Comeback saat melawan Dewa United di babak grand final, Minggu (27/3/202).

Sempat tertinggal 2-0 dari Dewa United, akhirnya Jeet Capital berhasil membalikan keadaan 4-2 dari Dewa United.

Dengan kekalahan tersebut, maka Dewa United harus puas menempati juara kedua dalam turnamen "Jawara Nusantara", disusul oleh Rans Esports di posisi ketiga setelah berhasil mengalahkan Bonafide Esports. Para pemenang turnamen "Jawara Nusantara" mendapatkan total hadiah senilai Rp100 juta.

Sejak pertama kali diumumkan, turnamen ini langsung menarik perhatian gamer tanah air. Hal ini terbukti dari jumlah peserta yang mengikuti turnamen dengan total peserta mencapai 215 tim dari seluruh penjuru Indonesia.

Setelah melakukan Special Awarding Ceremony Lokapala Jawara Nusantara  yang diadakan secara online pada 1 April 2022, Melon Indonesia bersama dengan Dunia Games Telkomsel menggelar ceremonial secara offline yang dilaksanakan di Telkomsel Smart Office (TSO) pada Rabu 6 April 2022.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Menteri BUMN Erick Thohir yang secara langsung memberikan hadiah simbolis kepada pemenang turnamen Lokapala Jawara Nusantara.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved