iPhone 14 Akan Dijual Juga di Rusia Lewat Skema Impor Paralel

Skema impor paralel memungkinkan perusahaan Rusia mengimpor produk dari luar Rusia tanpa izin pemilik merek dagang. 

Brittany Hosea-Small / AFP
iPhone 14 Pro dan iPhone14 Pro Max di acara peluncuran produk baru di Apple Park di Cupertino, California, pada 7 September 2022. Apple meluncurkan beberapa produk baru termasuk iPhone 14 dan 14 Pro baru, tiga jam tangan Apple, dan AirPod Pro baru dalam acara tersebut. 

 
Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni
 

TRIBUNNEWS.COM, MOSKOW - Warga Rusia akan memiliki kesempatan membeli iPhone 14 terbaru dari Apple lewat skema impor paralel.

Mengutip keterangan seorang pejabat senior di pemerintahan Rusia, kantor berita RIA Novosti mengabarkan meskipun Apple Inc. telah menghentikan kegiatan bisnisnya di Rusia,  berkat skema impor paralel warga Rusia masih dapat membeli iPhone 14.

Rusia mengumumkan skema tersebut pada bulan Maret 2022 lalu. Skema ini memungkinkan perusahaan Rusia mengimpor produk dari luar Rusia tanpa izin pemilik merek dagang. 

Saat ditanya apakah iPhone baru ini akan diimpor di bawah skema impor paralel, Menteri Perdagangan dan Industri Rusia Denis Manturov mengatakan hal tersebut kemungkinan dapat terjadi.

"Mengapa tidak? Jika konsumen ingin membeli ponsel ini, ya. Akan ada peluang," kata Manturov, yang dikutip dari Reuters.

Apple telah menghentikan penjualan produk baru di Rusia pada bulan Maret lalu, menyusul invasi yang dilancarkan Rusia ke Ukraina di bulan Februari.

Baca juga: Apple Gandeng Globalstar Hadirkan Fitur Kirim Pesan Darurat dari Lokasi Terpencil di iPhone 14

Namun iPhone, MacBook, dan produk-produk Apple lainnya tetap tersedia di toko-toko Rusia karena pengecer menjual sisa stok model lama mereka dan mendapatkan perangkat yang baru dirilis melalui skema impor paralel.

Operator seluler terbesar di Rusia, Mobile TeleSystems (MTS) pagi ini (8/9/2022) sudah menjual iphone 14 series secara pre-order. Harga seri baru  ini dijual mulai dari 1.398 dolar AS untuk versi 128GB.

Baca juga: iPhone 14 Resmi Diluncurkan, Intip Spesifikasi dan Harganya

MTS mengatakan pengiriman iPhone 14 series dapat memakan waktu hingga 120 hari, namun pembeli memiliki hak untuk membatalkan pesanan jika layanan seluler ini mengalami kendala saat mengimpor produk ini.

Apple belum memberikan tanggapan mengenai permintaan komentar mengenai hal ini.

Pada bulan lalu, Manturov mengatakan melalui skema impor paralel, yang mencakup produk-produk dari perusahaan Barat mulai dari pakaian mewah hingga mobil, impor Rusia tahun ini dapat mencapai 16 miliar dolar AS. 

KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved