Tenaga IT Makin Dibutuhkan Hadapi Kemajuan Teknologi di Era Digitalisasi

Kemajuan pesat teknologi di era digitalisasi sekarang ini telah menjadikan tenaga technology information (IT) semakin dibutuhkan.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Hendra Gunawan
TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Ilustrasi. Kemajuan pesat teknologi di era digitalisasi sekarang ini telah menjadikan tenaga informasi teknologi (IT) semakin dibutuhkan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kemajuan pesat teknologi di era digitalisasi sekarang ini telah menjadikan tenaga informasi teknologi (IT) semakin dibutuhkan.

ICT for Development Researcher Daniel Oscar Baskoro menilai pandemi Covid-19 telah memberi pengaruh percepatan layanan digital di Indonesia jauh dari harapan sebelumnya.

Menurut Daniel, setidaknya ada tiga hal yang mengalami perubahan, dan juga berdampak pada penggunaan teknologi.

"Pertama adalah More Technology, semenjak ada pandemi akan semakin banyak teknologi-teknologi baru yang muncul yang akan dimanfaatkan oleh masyarakat kita untuk menunjang kebutuhan sehari-hari mereka," kata Daniel dikutip Selasa (20/9/2022).

Baca juga: Perwakilan ICT Watch NTB: Membagikan Data Diri Menjadi Pintu Gerbang Penipuan di Era Digital

Kedua, kata dia, More Automation setelah pandemi muncul semakin banyak automasi baru yang muncul yang bergerak diberbagai macam industri.

Sementara yang ketiga adalah adanya Less Mobility atau borderless work di Indonesia.

"Ketiga hal tersebut menjadi salah satu aspek penting cepatnya pertumbuhan layanan digital di Indonesia," imbuh Daniel.

Ia memprediksi pada tahun-tahun kedepan, teknologi dan internet akan memberikan pengaruh yang lebih besar lagi di Indonesia.

Revolusi teknologi informasi di Indonesia disebut telah mengubah tatanan hidup masyarakat Indonesia, yang mana masyarakat dapat semakin mudah berinteraksi dan bertukar informasi.

Seiring dengan berkembangnya IT di Indonesia, semakin dicari pula para tenaga IT yang mana akan memiliki peluang besar.

Baca juga: Telkom Hadirkan Infrastruktur ICT dan Konektivitas Kelas Dunia di Mandalika

Karena itulah IDN.ID penyelenggaraan training dan sertifikasi membantu pengembangan skill terhadap pekerja IT.

Founder IDN.ID Dedi Gunawan menuturkan pihaknya siap membantu para tenaga IT profesional untuk meningkatkan skill serta karier yang dapat diikuti secara offline maupun daring.

"Kami terus berkomitmen membantu para pekerja di bidang IT untuk meningkatkan skill dan karirnya melalui training dan sertifikasi yang kita adakan dengan biaya yang terjangkau dan berkualitas," ucap Dedi.

Selain itu, IDN,ID memberikan beasiswa IT dan melalui Program IDN Education Partner, dan peluang kerjasama dengan seluruh sekolah atau kampus IT di Indonesia.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved