Whatsapp Jajaki Dunia Metaverse, Pengguna Kini Bisa Jajal Stiker Avatar

Fitur avatar memungkinkan pengguna Whatsapp melihat dan membuat stiker versi digital yang menggambarkan diri mereka dalam beragam pose.

Pixabay/MIH83
Meta menguji coba stiker avatar bergaya Bitmoji pada pengguna layanan perpesan WhatsApp versi 2.22.23.9 di Android.' 

Laporan Wartawan Tribunnews.com  Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA – Meta mengumumkan uji coba stiker avatar bergaya Bitmoji pada pengguna layanan perpesan WhatsApp versi 2.22.23.9 di Android.'

Ekspansi ini dilakukan untuk membuat WhatsApp selangkah lebih dekat dengan dunia virtual Metaverse.

Menurut laporan WABetaInfo, fitur avatar memungkinkan pengguna Whatsapp melihat dan membuat stiker versi digital yang menggambarkan diri mereka dalam beragam pose.

Pembaruan ini membantu pengguna agar dapat mengekspresikan diri dengan avatar saat mengirim pesan kepada keluarga dan teman.

Nantinya, pengguna yang memiliki akses ke fitur stiker teranyar itu akan menemukan kategori "Avatar" di menu pengaturannya.

Sebelum resmi di uji cobakan fitur ini sempat bocor ke publik pada bulan lalu, secara tampilan fitur stiker avatar sama seperti tampilan avatar yang ada di platform Facebook dan Instagram.

Metaverse sendiri belakangan menjadi  dunia yang ramai diperbincangkan publik, menghadirkan kehidupan virtual yang mirip seperti dunia nyata membuat sejumlah perusahaan berlomba membangun Metaversenya sendiri, begitupula dengan Meta.

Walau saat ini Metaverse tengah mengalami penurunan pengguna harian, dimana pada  Februari lalu jumlahnya mencapai 300 ribu pengguna, namun dalam jangka waktu delapan bulan jumlah pengguna harian turun jadi 100 ribu.

Baca juga: Saingi iMessage dan WhatsApp, Google Tambahkan Fitur Baru ke Aplikasi Perpesanan

Meski tengah mengalami penurunan, akan tetapi hal tersebut tak menyurutkan ambisi Meta untuk terus berekspansi ke industri Metaverse.

Melansir dari The Verge, avatar pertama kali diperkenalkan raksasa teknologi Meta pada 2019 silam di Messenger dan News Feed Facebook.

Baca juga: WhatsApp Uji Coba Fitur Baru, Pengguna Bisa Edit Pesan yang Sudah Terkirim

Namun setelah mengalami serangkaian penyempurnaan tepatnya pada 2022 fitur avatar bisa ditambahkan dalam komentar dan cerita di laman Facebook.

Kemudian di 2022 Meta kembali menghadirkan fitur avatar dengan tampilan 3D lewat stories pada pengguna Instagram.

Sayangnya pembaruan stiker avatar di WhatsApp hanya tersedia secara terbatas bagi pengguna khusus Android, lantaran masih dalam tahap uji coba.

Baca juga: Fitur Baru WhatsApp Bulan Oktober, Mulai Pemblokiran Tangkapan Layar hingga Jejak Pendapat di Grup

Sementara untuk pengguna ponsel iPhone Meta menyampaikan bahwa pihaknya hingga kini belum merilis sistem operasi iOS.

Avatar sendiri dihadirkan di seluruh ekosistem aplikasi besutan Meta dengan harapan agar bisa menjadi jembatan bagi para pengguna layanan Meta terhadap dunia virtual Metaverse.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved