Layanan Transportasi Online

Beda dari yang Lain, Layanan Transportasi Online Ini Bebaskan Customer Tentukan Ongkos!

Transportasi online telah menjadi pilihan bagi masyarakat dan ini layanan yang berikan customer kebebasan menentukan ongkos

Editor: BizzInsight
Istimewa
Layanan ride-hailing 

TRIBUNNEWS.COM - Layanan ride-hailing atau transportasi online telah menjadi pilihan bagi masyarakat untuk melakukan mobilitas sehari-hari, baik untuk sekolah, bekerja, jalan-jalan, dan sebagainya.

Masifnya peralihan masyarakat dari transportasi konvensional ke transportasi online dipenetrasi oleh kemudahan yang diberikan teknologi. Kini, melalui smartphone, masyarakat bisa mengakses aplikasi transportasi dengan mudah untuk mobilitas ke mana saja,

Namun, selain kemajuan teknologi, ada beberapa aspek yang jadi faktor utama dipilihnya transportasi online.

Melansir penelitian dari American Journal of Humanities and Social Sciences Research, layanan transportasi online diminati masyarakat karena aspek keamanan, fasilitas yang diberikan, kemahiran pengemudi, dan layanan yang diberikan perusahaan penyedia transportasi online 

Di Indonesia, menurut data dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), masyarakat memilih layanan transportasi online karena tarif perjalanan yang dibayarkan sesuai dengan kenyamanan dan keamanan yang didapatkan.  

Bahkan, transportasi online pun masih jadi pilihan meski Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengumumkan kenaikan tarif transportasi online sejak September 2022 lalu. Menurut Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno komponen utama kenaikan harga terdiri dari biaya langsung dan tak langsung, yaitu penaikan UMR, asuransi pengemudi, biaya minimal order 4 km pertama, dan kenaikan harga BBM.

Akan tetapi, selama ini tarif perjalanan transportasi online ditentukan berdasarkan suatu algoritma dan skema tertentu. Hal tersebut memicu perubahan harga yang tak jelas dan harus ditanggung oleh konsumen. Alhasil, konsumen diharuskan membayar sejumlah tarif yang sudah ditentukan.

Oleh karena itu, bukan tak mungkin penumpang tidak mendapat kejelasan harga yang sebenarnya, atau mungkin harus membayar lebih atas harga yang ditawarkan aplikasi.

Ilustrasi transportasi online eeq`12q
Ilustrasi transportasi online

Menjawab permasalahan tersebut, inDrive (sebelumnya inDriver), yang sudah hadir di Indonesia sejak tahun 2021, menghadirkan layanan transportasi online motor dan mobil dengan tarif harga wajar yang bisa ditentukan langsung oleh konsumen dan pengemudi. 

Ini keuntungan inDrive untuk penumpang: bisa nego tarif!

Dengan kata lain, penumpang bebas menentukan ongkos perjalanan yang diinginkan sesuai hasil negosiasi dengan pengemudi yang dilakukan melalui aplikasi inDrive. 

Penumpang hanya perlu memasukkan lokasi penjemputan dan tujuan pengantaran. Kemudian, penumpang mengajukan ongkos yang ingin mereka bayarkan kepada pengemudi pada aplikasi. Untuk mempermudah Anda, aplikasi inDrive akan memberikan rekomendasi tarif yang dapat dipilih. 

Ilustrasi transportasi online adsxvcb 1
Ilustrasi transportasi online

Selanjutnya, permintaan penumpang akan masuk pada aplikasi driver terdekat yang tersedia. Nantinya, driver berhak menentukan apakah menerima permintaan tarif yang diajukan oleh penumpang, menolaknya, atau bernegosiasi memberikan harga baru.

Konsumen kemudian dapat memilih driver mana yang paling cocok sesuai dengan harga yang ditawarkan kembali. Jadi, konsumen bisa lebih untung dan nyaman dalam menggunakan jasa transportasi online dengan harga yang wajar. 

Saat menggunakan inDrive, pengguna bisa melakukan perjalanan dengan menentukan preferred drivers atau pengemudi pilihan rating tertinggi pada aplikasi dengan rerata waktu 5 menit untuk menunggu penjemputan, tergantung dari lokasi penjemputan. 

Fitur aplikasi untungkan pengemudi

Tak hanya menguntungkan konsumen, inDrive juga memberikan kesempatan pengemudi mendapatkan keuntungan lebih.

Terbukanya opsi negosiasi ongkos memberikan kebebasan bagi pengemudi untuk menerima atau memberikan penawaran harga kembali lewat fitur ‘Your Price’, yang membuat pengemudi dapat menentukan ongkos perjalanan. 

Tak hanya itu, inDrive juga menawarkan fleksibilitas lewat fitur autobid yang membuat pengemudi menerima atau menawarkan ongkos terbaru kepada penumpang secara otomatis. Sedangkan untuk menambah peluang mendapatkan penumpang, inDrive juga memberikan fitur ‘On the way’ pada akun driver.  Pada fitur ini, pengemudi akan menerima pesanan perjalanan berdasarkan rute tertentu yang telah ditetapkan oleh pengemudi.

Ilustrasi transportasi online nbgfdsa
Ilustrasi transportasi online

Tak cukup sampai di situ, inDrive juga memberikan keuntungan dengan memaksimalkan pendapatan pengemudi. Terutama dengan menetapkan kebijakan low commission rate, yaitu hanya mengambil 10 persen pendapatan dari setiap trip.

InDrive dfdsvfdbggtw
Layanan transportasi online InDrive

Ingin merasakan pengalaman naik transportasi online dengan aman, nyaman, dengan harga yang bisa Anda tentukan sendiri? Atau, ingin daftarkan diri sebagai driver inDrive dan meraih pendapatan tambahan?

Aplikasi inDrive sudah bisa diunduh pada Google Play Store dan Apple App Store. Untuk informasi lebih lanjut, klik link berikut ini ya!

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved