Breaking News:

Cici Palugada, Content Creator Hidupkan Potensi Pasar Tanah Abang Lewat Digitalisasi di Era Pandemi

Cerita content creator sekaligus influencer, Cici Palugada dari Tanah Abang. Berawal dari keresahan turunnya pembeli saat pandemi.

Tribunnews/Fitri Wulandari
Content Creator dan Influencer Cici Palugada yang kerap menampilkan berbagai review produk dan toko Pasar Tanah Abang, saat ditemui Tribunnews di Kapitan Lim, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (1/12/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pandemi virus corona (Covid-19) yang telah berlangsung selama lebih dari 2 tahun telah mendorong para pelaku bisnis konvensional mulai 'go digital'.

Perlu diketahui bahwa banyak sektor yang terseok akibat pandemi yang hingga kini masih belum berakhir.

Satu di antara begitu banyak bisnis yang sempat melesu adalah industri pakaian di Pasar Tanah Abang.

Banyak pedagang yang biasa menjual produk busananya secara konvensional, harus merasakan 'pahitnya dampak pandemi menampar perekonomian mereka'.

Namun seiring waktu, di era disrupsi digital ini, tentunya ada banyak cara alternatif yang dapat digunakan sebagai upaya untuk bangkit dari keterpurukan.

Baca juga: Fokus Jadi Content Creator, Mantan Buruh Pabrik Sukses Tingkatkan Penghasilan dan Wujudkan Impian

Kehadiran teknologi dan inovasi kini turut dimanfaatkan secara optimal oleh para pedagang ini.

Melalui keberadaan content creator maupun influencer, para pedagang Pasar Tanah Abang pun kini merasa terbantu dalam publikasi maupun penjualan produk.

Karena peran content creator maupun influencer ini bisa membawa produk mereka dikenal luas melalui berbagai platform, mulai dari Instagram hingga YouTube.

Salah satu content creator sekaligus influencer, Cici Palugada dari Tanah Abang mengatakan bahwa ada begitu banyak pedagang Pasar Tanah Abang yang menyampaikan 'keresahan dan kekhawatiran' mereka terkait turunnya penjualan selama masa pandemi.

Karena pandemi memaksa semua orang untuk tetap diam di dalam rumah dan membatasi aktivitas di luar rumah.

Hal ini membuat para pedagang konvensional yang selalu berjualan secara offline pun tidak mendapatkan pemasukan yang biasa mereka peroleh sebelum pandemi.

"Cici Palugada hadir sebagai jawaban akan keresahan para pedagang garmen dan tekstil di tanah air, khususnya di Tanah Abang, ketika pandemi melanda dunia," ujar Cici Palugada, saat ditemui Tribunnews di Kapitan Lim, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (1/12/2022) siang.

Baca juga: Keluarga Jadi Korban Gempa Cianjur, Selebgram Rea Wiradinata Langsung Mudik

Wanita kelahiran 20 Juli 1986 ini kemudian menjelaskan bahwa terjadi pergeseran kebiasaan saat pandemi terjadi.

Halaman
1234
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved