Wisata Jateng

Daftar Lengkap Agenda Wisata Jateng Bulan Agustus: Jazz di Atas Awan hingga Wayang Orang

Anda yang tengah merencanakan liburan, Jawa Tengah menyuguhkan beragam agenda budaya selama Agustus.

Daftar Lengkap Agenda Wisata Jateng Bulan Agustus: Jazz di Atas Awan hingga Wayang Orang
Tribun Jateng/M Syofri Kurniawan
Tari Ramayana di Taman Balekambang, Solo, Jateng. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Galih P Asmoro

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Anda yang tengah merencanakan liburan, Jawa Tengah menyuguhkan beragam agenda budaya selama Agustus.

rambut gimbal
Tradisi cukur rambut gimbal di Dieng, Jawa Tengah.  (Tribun Jateng/Wahyu Sulistyawan)

"Hampir di semua kabupaten dan kota di Jawa Tengah akan menggelar acara budaya yang menarik. Silakan datang dan menjadi bagian dari acara tersebut," promo Kabid Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemprov Jawa Tengah Trenggono, Senin (27/7).

Trenggono mengatakan, beberapa agenda yang menjadi unggulan tersebut di antaranya, Dieng Culture Festival (DCF) yang digelar 31 Juli-2 Agustus di Dieng, Kabupaten Banjarnegara. Puncaknya, acara cukur rambut gimbal yang digelar 2 Agustus di pelataran Candi Arjuna.

Selain cukur rambut gimbal, serangkaian acara telah disiapkan. Di antaranya, Jazz Atas Awan, Bakar Jagung, Minum Purwoceng Bareng, Festival Seni Tradisional, serta Pesta Lampion dan Kembang Api.

Masih di Kabupaten Banjarnegara, Trenggono menambahkan, akan digelar Festival Serayu 26-30 Agustus.

Serangkaian acara berupa festival dawet banjar di Stadion Kolopaking, Kecamatan Prakancanggih, juga Pesta Parak Iwak yang dilaksanakan di Sungai Serayu yang juga dikenal sebagai lokasi arung jeram.

"Di Solo, ada pagelaran Wayang Orang Plataran yang digelar di Halaman Balaikota. Acara ini dilaksanakan 22 Agustus," imbuh dia.

Yang tak kalah menarik, lanjut Trenggono, Sendratari Ramayana di Taman Balekambang, Solo. Acara rutin yang digelar setiap bulan ini dipentaskan di open stage di malam bulan purnama.

Agustus nanti, Sendratari Ramaya dimainkan 28 Agustus mengambil judul Rama Tambak. "Acara ini gratis," katanya.

Sementara, di Kabupaten Boyolali, akan digelar Parade Kesenian di Kecamatan Selo yang dilaksanakan 17 Agustus, bertepatan dengan HUT RI. Juga, ada Pengging Fair yang digelar di Pengging, Kecamatan Banyudono, 29-30 Agustus. (*)

Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved