Breaking News:

Travel Tips

4 Fakta Soal Turbulensi yang Jarang Diketahui Penumpang Pesawat

Patrick Smith, pilot sekaligus penulis buku Cockpit Confidential memberikan beberapa penjelasan singkat soal turbulensi:

net
Ilustrasi. 

TRIBUNNEWS.COM – Kebanyakan orang yang pernah naik pesawat pasti pernah juga merasakan turbulensi, sensasi di mana pesawat terasa bergoyang tidak beraturan.

Kondisi ini seringkali membuat para penumpang jadi panik, tapi sebenarnya apa yang terjadi saat pesawat alami turbulensi.


Ilustrasi. (www.explorergirls.com)

Patrick Smith, pilot sekaligus penulis buku Cockpit Confidential memberikan beberapa penjelasan singkat soal turbulensi:

1. Pilot tidak mengkhawatirkan turbulensi

Patrick menjelaskan: “Turbulensi memang gangguan yang menyebalkan bagi semua orang termasuk kru, tapi juga bisa dibilang sebagai hal yang normal.” Patrick menambahkan bahwa untuk seorang pilot, turbulensi lebih berkaitan dengan masalah kenyamanan dibandingkan dengan keselamatan.

“Pilot tidak akan khawatir tentang sayap yang akan jatuh; mereka mencoba untuk memastikan penumpang tenang dan tidak ada minuman yang tumpah.” Kata Patrick.

Pesawat juga akan melambat untuk memasuki turbulensi tapi kta tidak akan menyadarinya karena kecepatannya tidak berbeda jauh dari kecepatan biasa.

2. Turbulensi tidak akan menyebabkan pesawat jatuh

Patrick menjelaskan bahwa pesawat tidak bisa terbalik, terlempar atau jatuh dari langit bahkan oleh hembusan angina terkuat.

Kondisi ini memang mengganggu dan tidak nyaman tapi pesawat tidak akan jatuh.

Halaman
12
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved