Wisata Lampung

Kolang Kaling untuk Takjil Itu Prosesnya Bisa Diintip Dari Atas Rumah Pohon Tahura Wan Abdul Rachman

Saat berkunjung ke kawasan Tahura Wan Abdul Rachman, Bandar Lampung memang mengasyikkan sebab ada banyak hal yang dapat dijumpai disini.

Kolang Kaling untuk Takjil Itu Prosesnya Bisa Diintip Dari Atas Rumah Pohon Tahura Wan Abdul Rachman
TRIBUN LAMPUNG/ANA PUSPITA
Proses pengolahan kolang-kaling Tahura Wan Abdul Rachman Bandar Lampung 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Ana Puspita

TRIBUNBEWS.COM, BANDAR LAMPUNG - Saat berkunjung ke kawasan Tahura Wan Abdul Rachman, Bandar Lampung memang mengasyikkan sebab ada banyak hal yang dapat dijumpai disini.

Bila anda sudah puas bercengkerama dengan rusa di penangkaran yang menjadi salah satu unggulan di Tahura Wan Abdul Rachman, anda bisa beralih sedikit ke sebuah rumah di depan area penangkaran.

Tepat di sisi samping rumah, ada beberapa orang ibu dan juga pemuda tengah sibuk beraktivitas di bawah rimbunan pohon yang dari sela-selanya ada asap putih yang mengepul.

Rupanya asap tersebut berasal dari sebuah tungku yang diatasnya diletakkan sebuah drum besar penuh dengan berkilo-kilo buah yang dipetik dari pohon aren.

Ya, rupanya mereka tengah mengolah buah dari pohon aren tersebut menjadi kolang-kaling yang bersih dan siap dinikmati dengan terlebih dahulu dicampur dengan es ataupun kolak dan lain-lain.

Kolang-kaling memang menjadi salah satu produk yang dihasilkan dari banyaknya pohon aren yang ditanam dan tumbuh subur di kawasan Tahura Wan Abdul Rachman.

Ketua Gapoktani Desa Sumber Agung, Saban, menjelaskan bahwa di kawasan ini memang terdapat sumber kolang-kaling yang melimpah, yang diolah dengan baik oleh enam kelompok tani dan satu kelompok gabungan.

Dalam satu hari saja, satu kelompok tani bisa menghasilkan 100 kilogram kolang-kaling bersih yang siap diolah menjadi panganan segar seperti kolak , es dan lainnya.

Halaman
12
Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved