Ingin Tidak Pusing Bayar Cicilan Kredit? 5 Langkah Ini Bisa Bantu Kamu Melunasi Utang

Namun, yang buat itu menjadi berat adalah harga yang tinggi dan ketersediaan duit di dompet atau rekening bank.

Ingin Tidak Pusing Bayar Cicilan Kredit? 5 Langkah Ini Bisa Bantu Kamu Melunasi Utang
Istimewa
Ilustrasi. 

Membeli barang atau kendaraan bermotor dengan cara cash pastinya antiribet. Hanya dengan mengeluarkan uang dalam jumlah tertentu, sebuah barang atau motor sudah bisa jadi miliki kamu.

Namun, yang buat itu menjadi berat adalah harga yang tinggi dan ketersediaan duit di dompet atau rekening bank.

Salah satu langkah yang bisa diambil adalah membelinya dengan cara kredit dan bayar cicilannya setiap bulan. Mungkin harganya akan jadi lebih mahal, tapi kamu pastinya bisa memilikinya dan kamu juga lebih nyaman karena hanya membayar harga yang lebih murah setiap bulannya.

Kalau memang benda atau kendaraan tersebut termasuk kebutuhan kamu, memilikinya dengan cara kredit pastinya tidak jadi masalah. Toh, benda-benda tersebut akan membantu kamu dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Namun, kadang kamu suka pusing untuk melunasinya. Nah, ada cara-cara untuk melunasi cicilan kredit kamu dan tetap nyaman kala menggunakannya.

Berikut beberapa di antaranya:

1. Bernegosiasi dengan Diri Sendiri

Sebelum kamu memutuskan untuk berutang, harus ada sejumlah langkah preventif yang harus kamu lakukan. Pertama, usahakan harga baran atau kendaraan bermotor tidak terlalu jauh dari penghasilan kamu.

Cara melihatnya, kamu tinggal melakukan riset dengan tagihan bulanan ditambah dengan bunga yang harus kamu bayarkan setiap bulannya. Kalau itu masih berada di bawah 35 persen dari penghasilan bulanan, silakan melakukan kredit.

Jangan meraih mimpi atau membeli barang yang sepertinya jauh dari jangkauan. Mungkin kamu bisa menikmatinya di awal. Namun, saat harus melunasi cicilan kredit, pastinya kamu bisa kewalahan.

Halaman
123
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved