Tak Tergerus Zaman, 5 Atraksi Budaya di Yogyakarta ini Jangan Sampai Dilewatkan!

Bukan hanya dikenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga merupakan destinasi wisata favorit para pelancong untuk berlibur.

Tak Tergerus Zaman, 5 Atraksi Budaya di Yogyakarta ini Jangan Sampai Dilewatkan!
ISTIMEWA
Ilustrasi keindahan budaya Yogyakarta. 

Bukan hanya dikenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga merupakan destinasi wisata favorit para pelancong untuk berlibur. Memang bukan tanpa alasan, pasalnya hampir semua pilihan wisata ada di kota yang dijuluki Kota Gudeg ini.

Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata pantai, wisata belanja, wisata religi, hingga wisata kulinernya yang lezat dan murah meriah.

Tak hanya itu, untuk pengalaman liburan yang berbeda, wisata budaya Yogyakarta yang menawarkan atraksi-atraksi menarik juga bisa menjadi pilihanmu ketika berkunjung.

Kira-kira atraksi budaya apa saja ya, yang bisa kamu nikmati saat liburan di Yogyakarta? Berikut sejumlah pilihannya:

1. Karawitan Gamelan

Atraksi budaya Yogyakarta yang satu ini merupakan pertunjukan seni Karawitan yang memadukan alunan musik gamelan dengan nyanyian tembang dalam bahasa Jawa kuno halus yang merdu.

Selain menghibur, pertunjukan ini rupanya memiliki  nilai filosofi yang istimewa. Pergelaran karawitan ini biasanya digelar di Keraton Yogyakarta dengan tiga tujuan utama, yaitu sebagai penyambutan tamu kerajaan, sebagai kegiatan rutin yang dilakukan keluarga keraton, dan untuk meramaikan pariwisata di Keraton Yogyakarta.

Jumlah nayaga dalam pagelaran karawitan di Keraton Yogyakarta berjumlah 25 orang, dan sinden 10 orang.

Jika kamu ingin menyaksikan pagelaran Karawitan Gamelan, bisa datang ke Bangsal Sri Manganti, Keraton Yogyakarta, setiap hari Senin dan Selasa pukul 10.00-12.00 pagi.

2. Wayang Kulit

Halaman
123
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved