Hubungkan Pelancong dengan Tour Guide di Platform Digital

Memasang aplikasi dolano.id, seseorang dapat menemukan pemandu perjalanan semudah menemukan driver seperti aplikasi transportasi online

Hubungkan Pelancong dengan Tour Guide di Platform Digital
istimewa
Jajaran manajemen dolano.id, startup asal Solo, Jawa Tengah yang menawarkan model bisnis baru menyediakan jasa pemandu perjalanan (Tour Guide). 

TRIBUNNNEWS.COM, JAKARTA - Pengetahuan yang minim tentang lokasi tempat melancong membuat wisatawan dari luar daerah atau luar negeri sering kesasar.

Sehingga mereka hanya fokus pada lokasi yang dituju dan melewatkan lokasi-lokasi lain yang bisa dikunjungi.

Ini mendorong dolano.id, startup asal Solo, Jawa Tengah mencoba menawarkan model bisnis baru menyediakan jasa pemandu perjalanan (Tour Guide).

Eryofilta Firamdhani, Founder dan CEO dolano.id mengatakan, di era sharing ekonomi sekarang ini, saatnya jasa pemandu perjalanan dapat ditemukan secara online melalui platform digital.

Inilah yang ditawarkan oleh dolano.id, dengan memasang aplikasi dolano.id, seseorang dapat menemukan pemandu perjalanan semudah menemukan driver seperti aplikasi transportasi online.

“Dengan pemandu perjalanan, seorang pelancong bisa melakukan apapun, tidak hanya mengantar ke lokasi, tapi juga menunjukkan tempat makan atau tempat mencari oleh-oleh,” ujar Eryo.

Baca: Pelancong Cenderung Ingin Bertemu Wisatawan dari Negara Mereka Sendiri Saat Berlibur

Tidak hanya untuk menemukan jasa pemandu perjalanan, aplikasi dolano.id juga menyediakan informasi rute yang harus ditempuh seseorang dari daerah asal hingga ke lokasi tujuan.

Eryo mencontohkan, ketika seseorang ingin berkunjung ke Candi Gedong Songo, di Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

"Maka aplikasi akan menampilkan rute perjalanan sekaligus pilihan transportasi yang bisa dipilih, mulai dari pesawat terbang, kereta api, bus hingga mobil pribadi," katanya.

Model bisnis yang ditawarkan menurut Eryo memiliki potensi bisnis yang sangat besar, mengingat tren masyarakat yang semakin menyukai traveling.

Baca: 5 Tips Traveling untuk Kamu yang Cenderung Pendiam dan Tak Suka Tempat Ramai

Indonesia memiliki potensi wisata yang sangat besar.

Namun sampai saat ini belum ada startup lain yang menggarap model tersebut, karena untuk mendigitalkan konsep yang dimiliki tidak gampang, banyak algoritma dan parameter dan sangat komplek.

Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved