Cara Macao Memperkenalkan Seni: Dipajang di Mal, Hotel Hingga Lokasi Wisata

Pameran seni-seni kontemporer ataupun tradisional tersebut digelar di berbagai sudut Macao

Cara Macao Memperkenalkan Seni: Dipajang di Mal, Hotel Hingga Lokasi Wisata
Tribunnews.com/Willy Widianto
Salah satu sudut di festival Art Of Macao 2019, Garden of Earthly Delights 

TRIBUNNEWS.COM, MACAO - Sebuah pameran seni internasional dihelat di Macao, salah satu negara administratif China yang jaraknya sekitar 70 kilometer dari Hong Kong. Pameran seni-seni kontemporer ataupun tradisional tersebut digelar di berbagai sudut Macao.

Art of Macao 2019
Sebuah karya seni instalasi patung di Art of Macao 2019 di lokasi Garden Earthly Delights.

Saat Tribun ikut serta rombongan dari Macao Governemnt Tourism Office (MGTO) akhir Agustus lalu produk-produk seperti keramik, foto-foto, lukisan dan seni instalasi patung tiga dimensi ada di mal, benteng, lokasi wisata serta tempat-tempat publik lainnya seperti bandara dan pelabuhan.

Direktur Macao Government Tourism Office (MGTO), Maria Helena de Senna Fernandes mengatakan Art of Macao digelar dalam rangka merayakan hari jadi Macao yang ke-20. Pemerintah Portugal mengembalikan kedaulatan Macao kepada China pada tahun 1999.

Pameran seni kata Maria dipamerkan di 26 titik. "Dengan Art Macao, kami memperkenalkan seni di seluruh kota yang komprehensif dan melibatkan beragam pemangku kepentingan. Proyek ini adalah contoh sempurna dari publik dan swasta, lokal dan internasional, profesional dan amatir, dan menggabungkan banyak bentuk seni sesuai dengan minat dan ekspektasi yang berbeda," ujar Maria Helena dalam seperti yang tertera di buku panduan Art of Macao.

Pameran Art of Macao digelar mulai Juni hingga Oktober 2019. Seniman yang berpartisipasi dalam pameran ini datang dari seluruh dunia. Salah satu yang menarik perhatian adalah instalasi seni kontemporer yang dibuat oleh seniman dunia di Garden of Earthly Delights. Instalasi seni bernama Silence Dogood karya seniman Amerika Jennifer Steinkamp juga dipamerkan di lokasi ini.

Seni instalasi karya Jennifer Steinkamp itu berupa animasi yang ditembak melalui proyektor ke arah dinding. Animasinya mengenai pembentukan listrik di awan. Debu es saling mengambang dan menabrak satu sama lainhingga memunculkan listrik. Pameran "Garden of Earthly Delights" digelar di Wynn Palace.

Ada juga pameran tentang Putri Grace Kelly dari Monako. Di pameran yang digelar di Galaxy Macau tersebut pengunjung diberikan pemandangan berupa peninggalan barang-barang pribadi Grace Kelly yang sebelumnya adalah artis Hollywood dan dinikahi pangeran Rainier III dari Kerajaan Monako.

Gaun pengantin saat Grace Kelly menikah, juga tas Hermes dipamerkan di lokasi ini. Termasuk pakaian lain yang dikenakan Putri Monako itu dalam berbagai kesempatan. Misalnya gaun Yves Saint-Laurent yang berbahan sutra berwarna ungu. Gaun ini dikenakan Putri Grace saat menghadiri konser penggalangan dana di London pada 1981. Pada saat itu, Putri Grace sempat bertemu dengan Putri Diana dan Pangeran Charles.

Gaun pengantin Grace Kelly
Pameran tentang Putri Grace Kelly dari Monako. Di pameran yang digelar di Galaxy Macau tersebut pengunjung diberikan pemandangan berupa peninggalan barang-barang pribadi Grace Kelly yang sebelumnya adalah artis Hollywood dan dinikahi pangeran Rainier III dari Kerajaan Monako. Gaun pengantin saat Grace Kelly menikah, juga tas Hermes dipamerkan di lokasi ini

Foto pertemuan mereka ikut dipajang di belakang gaun ungu tersebut. Selain pakaian, barang-barang Putri Grace lainnya ikut dipajang seperti The Kelly Bag, tas Hermes berukuran raksasa yang dibuat berdasarkan tas Grace Kelly.

Pameran Keramik China

Halaman
12
Editor: Deodatus Pradipto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved