Breaking News:

Menikmati Harmonisasi Alam Uang Pecahan Lima Puluh Ribu di Pulau Padar

Pulau Padar, kini tercatat sebagai salah satu warisan dunia oleh Unesco. Kini, pulau ini dihuni sekitar tujuh ekor Komodo. Beberapa

ISTIMEWA/BALAI TAMAN NASIONAL KOMODO
Pulau Padar di kawasan Taman Nasional Komodo 

TRIBUNNEWS.COM, LABUAN BAJO-Mata ini seakan dimanjakan oleh indahnya alam yang menjaga, mengelilingi Pulau Padar yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Peluh yang keluar, tak menyurutkan niat untuk bisa memandang hamparan birunya laut, dan hijaunya pohon yang tumbuh di setiap pulau di kawasan ini.

Pulau Padar, masuk di dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) yang memiliki luas kurang lebih 173.300 hektar. Pulau Padar adalah pulau ketiga terbesar di kawasan TNK. Ada dua pulau lain, Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Pulau ini paling dekat ke Pulau Rinca. Selat Lintah yang memisahkan pulau ini dengan Pulau Komodo sehingga jaraknya lebih jauh.

Baca: Siti Nurbaya Resmikan Sistem Informasi Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan

Pulau Padar, kini tercatat sebagai salah satu warisan dunia oleh Unesco.  Dalam rangka pembinaan populasi, beberapa komodo merupakan release dari Pulau Rinca.

Meski terik matahari begitu terasa menyengat saat itu, tidak menyurutkan Gebi, Faiz, Salman, Addeva dan Shane para aktivis lingkungan cilik ini untuk bisa meraih puncak Pulau Padar. Kebetulan, mereka sama-sama sekolah di Sekolah Global Mandiri, Cibubur.

AKTIVIS LINGKUNGAN CILIK
Aktivis Lingkungan Hidup cilik, Salman, Faiz, Shane, Addeva dan Gebi, saat di Pulau Padar

Meski belia, mereka sampai di puncak Pulau Padar yang memiliki ketinggian kurang lebih 400 meter dari permukaan laut dan berkesempatan merasakan nikmatnya perairan yang karangnya berwarna pink, tak jauh dari Pulau Padar.

Hamparan bukit terhampar luas setiap mata memandang,  dan luasnya laut yang begitu jernih. Kebetulan, setiap pulau  yang berada di Kawasan TNK ini sedang diselimuti hijaunya pohon dan rumput yang tumbuh subur. Pada bulan tertentu, kawasan ini terlihat gersang, saat musing kering tiba.

Baca: KLHK: Indonesia Memasuki Era Baru Pengelolaan Sampah

Ada sekitar 800 anak tangga untuk bisa mencapai puncak Pulau Padar. Tiga tempat peristirahatan sementara juga disediakan sebelum pengujung melanjutkan perjalanan menuju puncak pulau ini.

"Ayo, saya kuat sampai atas puncak," kata Shane penuh semangat meski keringat terlihat sudah membanjiri sekujur tubuhnya. Letih, Shane, Gebi, Faiz, Salman dan Addeva seakan terbayar saat bisa swafoto di pulau ini.

Pulau Padar di Pecahan 50 Ribu
Salah seorang petugas TNK yang berjaga di pulau ini bercerita, beberapa waktu lalu pihak dari Bank Indonesia (BI) datang dan mengabadikan salah satu gugusan kepulauan dari pulau ini. Kini, gugusan kepulauan yang cantik di kawasan TNK yang diabadikan dari Pulau Padar ini bisa dilihat di uang pecahan lima puluh ribu rupiah.

"Jika peak season (musim liburan) tiba, setiap hari bisa sampai 400 wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri yang mengunjungi pulau ini. Bukan mereka yang sekedar wisata, tapi memang pulau ini dikhususkan bagi mereka yang mencintai lingkungan, " Kepala Balai Taman Nasional Komodo (TNK), Lukita Awang Nistyantara, S Hut.,M.Si menjelaskan.

Halaman
12
Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved