Breaking News:

Reshuffle Kabinet

Jadi Menparekraf, Begini Arahan Presiden dan Wapres ke Sandiaga Uno

Sandiaga Uno menjelaskan arahan Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf setelah dia resmi ditunjuk sebagai Menparekraf menggantikan Wishnutama.

ist
Sandiaga Uno bertemu dengan Wakil Menteri Perdagangan dan Industri Mesir, Ahmed Maghawry Diab di Cairo, Sabtu (21/11/2020) kemarin 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Sandiaga Uno menjelaskan arahan yang diberikan Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf setelah dia resmi ditunjuk sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menggantikan Wishnutama.

"Arahan dari Bapak Presiden adalah untuk memastikan lima destinasi super prioritas yang sudah ditunjuk oleh pemerintah, bergegas untuk di kala pandemi ini mulai menyiapkan diri, mulai infrastukturnya, sampai kepada aspek seni budaya, kostum maupun pernak-pernik yang berkaitan dengan kesiapan destinasi wisata tersebut untuk menjadi destinasi unggulan pasca pandemi Covid-19," kata Sandi kepasa wartawan, Selasa (22/12/2020).

Kemudian, dikatakan Sandi, Presiden Jokowi juga mengingatkan untuk setiap destinasi terutama destinasi 5 super prioritas untuk menyiapkan calendar of event.

Baca juga: Astindo: Kepemimpinan Sandiaga Sebagai Menparekraf Diharapkan Buat Industri Pariwisata Menggeliat

"Event-event yang berkaitan dengan menarik para wisatawan terutama di saat Covid-19 ini yang bisa mempertahankan jumlah lapangan kerja dan aktivitas ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," tambahnya.

Baca juga: Jadi Menteri Baru, Sandiaga Uno Beberkan 3 Strateginya di Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

"Calendar of event ini terbagi dari event yang skalanya mungkin kecil, mingguan, bulanan, dan ada satu event besar skala dunia untuk tahunannya. Event skala dunia ini yang diharapkan akan menjadi big bang," katanya

Tak hanya Presiden Jokowi, Wapres Ma'ruf juga menambahkan arahan kepada Sandiaga. Sandi diminta untuk memastikan aspek kesehatan dan keselamatan di setiap destinasi.

"Terutama menghadapi COVID-19 ini diprioritaska, sehingga para wisatawan akan merasa aman, nyaman," katanya

Program-program seperti CHSE (Clean, Health, Safety, and Environment) juga diminta kepada Sandi agar dilanjutkan secara konferehensif dan strategis

"Bapak Wakil Presiden juga menginginkan ekonomi kreatif menjadi lokomotif dari penciptaan lapangan kerja, terutama sektor-sektor ekonomi kreatif yang banyak menyerap dan menggerakkan ekonomi rakyat seperti sektor kuliner, sektor fashion dan sektor kriya," kata Eks Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Sandi juga diarahkan soal destinasi-destinasi wisata halal dan destinasi wisata religi yang menjadi perhatian. Hal ini untuk menggairahkan sektor pariwisata yang diharapkan bukan hanya bertahan tapi justru menangkap peluang menjadi pemenang.

"Not only survive, but the sector will strive. Demikian beberapa catatan awal atas arahan Presiden dan Wakil Presiden yang disampaikan kepada kami," ujar Sandi.

"Pak Presiden menekankan bahwa kita fokus satu tahun ke depan kerja keras untuk memastikan sektor yang banyak menyerap tenaga kerja dan menggerakkan bangkitnya ekonomi ini bisa tertangani dan dikelola lebih baik lagi," pungkasnya 

Penulis: Reza Deni
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved