Blog Tribunners

Tips Hemat untuk Anak Kos

agi anak rantau, uang adalah masalah pokok yang tak pernah terselesaikan. Tak sedikit dari perantau yang merasa kurang terhadap uang.

Tips Hemat untuk Anak Kos
Ilustrasi

TRIBUNNERS - Bagi anak rantau, uang adalah masalah pokok yang tak pernah terselesaikan. Tak sedikit dari perantau yang merasa kurang terhadap uang, oleh karenanya tak sedikit dari mereka yang diperbudak oleh uang.

Untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, tak sedikit dari anak-anak Indonesia yang memilih merantau guna mendapat universitas yang diimpikan.

Seiring meningkatnya kebutuhan, kita dituntut mampu untuk mengatur keuangan. Untuk Anda yang ingin berhemat, berikut tips ampuh yang harus anda coba:

1. Catat pengeluaran dan pemasukan

Hal ini berfungsi untuk mengetahui tingkat kebutuhan anda. Jika anda rutin mencatat pengeluaran serta pemasukan yang anda punya, anda akan mampu meminimalis pengeluaran anda nantinya.

2. Hiraukan hawa nafsu

Belanja memang akan mendatangkan kepuasan tesendiri, akan tetapi apabila anda senantiasa menuruti nafsu, anda tidak akan pernah merasa cukup nantinya. Cobalah untuk mulai mengontrol nafsu, hiraukan barang yang tidak anda butuhkan.

3. Sesekali, cobalah untuk memasak

Jika anda tengah mempunyai waktu luang, cobalah untuk memasak makanan sendiri. Selain karena kebersihan yang terjaga, anda juga mampu untuk mengirit pengeluaran anda. Apabila anda mempunyai kendala tidak cakap dalam hal memasak, cobalah untuk rutin memasak nasi. Nantinya, anda hanya perlu membeli lauk di warung langganan anda.

4. Belajarlah untuk berpuasa

Selain mendapat pahala dan menyehatkan tubuh, puasa sendiri mampu membantu anda dalam berhemat. Mulailah untuk belajar berpuasa agar tubuh anda senantiasa sehat juga anda mampu mengendalikan hawa nafsu anda terhadap uang.

5. Belajar untuk memberi

Sesekali, berilah apa yang anda punya kepada mereka yang kurang beruntung. Selain menanamkan rasa sosial yang tinggi, anda akan lebih berhati-hati untuk mengeluarkan uang nantinya. Anda akan mampu dengan sendirinya meminimalisir pengeluaran serta anda akan mampu

Penulis: annisarizky
Editor: Yulius Saputra
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved