Tribunners / Citizen Journalism

Tribunners

Hari Raya Idul Fitri, TKI, dan Kebahagiaan Mudik Melepas Rindu di Kampung Halaman

Tidak sedikit TKI buruk nasibnya, ada yang tidak diberi makan dan/atau tidak dibayar, hingga menjadi korban kekerasan fisik dari majikan.

Hari Raya Idul Fitri, TKI, dan Kebahagiaan Mudik Melepas Rindu di Kampung Halaman
TRIBUNNEWS.COM/CHOIRUL ARIFIN
Suasana terminal keberangkatan internasional Bandara Doha, Qatar. Di bandara ini kita bisa menemukan banyak TKI yang akan pulang kampung ke Indonesia. 

PENULIS: M. Issamsudin/ Dosen di STIKOM Semarang

TRIBUNNERS - Saat memasuki hari-hari pertengahan bulan suci Ramadan, situasi di Bandara Ahmad Yani Semarang selalu terasa sangat ramai.

Banyak penjemput dengan penuh keceriaan, setia menunggu yang dijemput di luar pintu keluar, tidak seperti hari-hari biasanya.

Lalu, siapa yang dijemput ? Yang dijemput adalah para penjemput para pahlawan devisa, para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang pulang mudik dari tempatnya kerja di luar negeri.

Mereka pulang ada yang sekedar libur lebaran dan harus kembali pasca lebaran, adapula yang tidak kembali lagi karena kontrak kerjanya di luar negeri habis.

TKI yang kebanyakan adalah tenaga kerja wanita (TKW) dan bekerja sebagai pekerja rumah tangga (PRT) tersebut pulang ke kampung halaman.

Bukan saja membawa cerita gembira dan uang yang banyak.

Mereka juga membawa harapan bisa membahagiakan keluarga di kampung halaman dan memberdayakan daerah asalnya.

Bagi yang tidak bisa pulang, kebanyakan kiriman uang dan kabar baiknya saja yang datang agar keluarga di desa juga bisa bahagia saat lebaran.

Kebahagiaan itu makin nampak dari wajah-wajah para TKI saat sampai di rumah, melihat rumahnya sudah terbangun bagus, jauh dari sebelumnya.

Halaman
123
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved