Breaking News:

Blog Tribunners

Penderita Kolesterol Tidak Boleh Minum Susu, Mitos Atau Fakta?

Susu merupakan salah satu minuman yang sebaiknya dihindari oleh penderita kolesterol, tapi tidak semua tergantung jenis susunya. Anda perlu tahu bahw

zoom-inlihat foto Penderita Kolesterol Tidak Boleh Minum Susu, Mitos Atau Fakta?
DOK
ILUSTRASI SUSU
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Susu merupakan salah satu minuman yang sebaiknya dihindari oleh penderita kolesterol, tapi tidak semua tergantung jenis susunya. Anda perlu tahu bahwa susu sangat baik karena mengandung kalsium, vitamin dan mineral.
 
Inilah beberapa susu yang sebaiknya dihindari penderita kolesterol :
 
1. Susu sapi
 
Susu yang paling umum dan populer dikonsumsi masyarakat. Tapi tahukah Anda jika semua jenis susu sapi, mengandung lemak cukup tinggi. Dalam satu gelas susu ada sekitar 146 kalori, 5 gram lemak jenuh, dan 24 mg kolesterol. Cukup banyak memang lemak jenuh dan kandungan kolesterol.
 
2. Susu kambing
Susu kambing memiliki kandungan protein yang baik. Khusus untuk Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi di tubuh, sebaiknya hindari susu kambing. Karena, satu gelas susu kambing saja memiliki jumlah kalori yang tinggi yaitu 168 kalori. Sedangkan lemak jenuh sekitar 6,5 gram dan kolesterol mencapai 27 mg.
 
3. Susu kelapa alias santan
 
Tidak seperti kebanyakan susu nabati, santan mengandung lemak jenuh yang cukup banyak dan tidak ada kolesterol di dalamnya. Tapi jumlah lemak jenuh yang banyak akan menyebabkan Anda memiliki kadar kolesterol tinggi di tubuh. Jadi jangan berlebihan mengkonsumsi santan.
 
Namun, bagi Anda yang menderita kolesterol tinggi, kandungan lemak dalam susu tidak berarti Anda harus menjauhi susu. Apalagi sekarang banyak produk susu rendah lemak yang tentunya bagus untuk Anda penderita kolesterol tinggi. Tapi hati-hati susu kemasan rendah lemak biasanya mengandung gula tinggi.

Selengkapnya

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved