Breaking News:

Blog Tribunners

Ketahui Penyebab Bau Badan Anda

Untuk meningkatkan rasa percaya diri akibat bau badan, penggunaan parfum ataupun minyak wangi adalah jalan keluarnya. Tapi, pernahkah anda bertanya ap

Shutterstock
Ilustrasi. 
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Untuk meningkatkan rasa percaya diri akibat bau badan, penggunaan parfum ataupun minyak wangi adalah jalan keluarnya. Tapi, pernahkah anda bertanya apa sih yang menyebabkan bau badan begitu tajam?
 

1. Efek samping obat

Obat membantu mengobati penyakit anda, namun beberapa diantaranya dapat membuat anda bau. Misalnya morfin atau obat penghilang demam dapat membuat anda berkeringat. Selain itu, menurut Mayo Clinic, antihistamin, dekongestan, pereda otot dan obat penenang saraf juga dapat menyebabkan mulut kering, yang dalam banyak kasus menyebabkan bau mulut.

2. Hobi makanan pedas

Rempah-rempah seperti bawang putih atau bawang merah membuat tubuh melepaskan gas yang mengandung sulfur dalam proses memecahnya. Senyawa ini bersirkulasi dalam aliran darah hingga menyebabkan bau badan. Selain dua rempah tadi, jenis makanan lain yang dapat menyebabkan bau badan adalah brokoli, kubis Brussel dan sayuran silangan lainnya.

3. Stres tingkat tinggi

Stres dapat menyebabkan keringat dengan bau yang lebih tajam dari biasanya. Keringat ini dihasilkan oleh kelenjar Apocrine. Cairan yang dihasilkan kurang berair namun sangat menarik bagi bakteri, hal inilah yang dapat membuat bau keringat di tubuh anda lebih tajam. Jadi, sebaiknya Anda harus mencoba lebih rileks untuk mengurangi stres dan juga mencuci pakaian anda secara teratur untuk menyingkirkan sebagian besar bakteri.

4. Alkohol

Asupan alkohol dapat menyebabkan tubuh bereaksi sangat cepat. Ketika alkohol mengalir dalam aliran darah, mekanisme tubuh Anda memperlakukannya sebagai racun. Karena itu, tubuh Anda akan mencoba mengeluarkan alkohol secepat mungkin. Buddy T., ahli tentang alkoholisme menjelaskan mekanisme proses pengucilan alkohol. Hati adalah tempat di mana alkohol dimetabolisme dan setelah itu, alkohol dikeluarkan dari tubuh Anda ke dalam urin. Jika asupan alkohol lebih tinggi dari kapasitas hati, hasil busuk dilepaskan melalui napas dan keringat.

5. Bra yang terlalu sering digunakan

Terkadang beberapa wanita jarang mencuci atau mengganti bra. Bra menutupi area tubuh Anda yang mudah berkeringat seperti ketiak, punggung, dan dada. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bra dapat dengan mudah menyerap kelembaban, dan kelembaban adalah insentif terbaik bagi jamur dan bakteri untuk tumbuh dengan cepat.

Selengkapnya

Penulis: Heru Hendarin
Editor: Samuel Febrianto
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved