Breaking News:

Blog Tribunners

4 Kebiasaan Buruk Ini Picu Kerusakan Jantung

Jantung merupakan organ penting manusia, yang memiliki tugas mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Peradarahan darah ang lancar ini sangat penting karen

zoom-inlihat foto 4 Kebiasaan Buruk Ini Picu Kerusakan Jantung
Shutterstock
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jantung merupakan organ penting manusia, yang memiliki tugas mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Peradarahan darah ang lancar ini sangat penting karena darah akan membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh.

Tapi anda perlu tahu, ada banyak kebiasaan yang sering dilakukan yang tanpa disadari bisa merusaka kesehatan jantung Anda. Nah, berikut kebiasaan-kebiasan buruk yang merusak jantung yang perlu kamu ketahui.

1. Konsumsi Alkohol

Berdasarkan jurnal American Heart Association, minum alkhol adalah kebiasaan paling buruk yang bisa merusak jantung. Minum alkohol bisa merusak pembuluh darah dan menyebabkan pengerasan pembuluh darah, hal inilah yang bisa memicu serangan jantung dadakan.

2. Kurang Tidur

Kurang tidur bisa menyebabkan hormon kortisol meningkat dalam tubuh, hormon kortisol yang berlebihan bisa memicu kerusakan jantung. Kebiasaan kurang tidur tidak hanya merusaka jantung tapi juga bisa memicu stroke, obesitas dan hipertensi.

3. Konsumsi makanan asin

Konsumsi garam yang berlebihan juga bisa merusak jantung anda. jadi sebaiknya kurangi asupana garam, bukan hanya garam dapur saja tapi makanan olahan yang mengandung sodium cukup banyak seperti makanan dari daging olahan, keripik, dan makanan kaleng.

4. Duduk Terus menerus

Sebuah penelitian di amerika menyebutkan bahwa kebiasaan duduk yang lama hingga berjam-jam bisa berdamapak buruk bagi jantung Anda. Kebiasaan ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung hingga dua kali lipat.

Selengkapnya

Penulis: Goldokter
Editor: Samuel Febrianto
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved