Blog Tribunners

Mengenali 5 Gejala Anemia pada Remaja

Anemia merupakan penyakit yang sering terjadi di masyarakat kita, tidak hanya pada orang dewasa anemia juga bisa menyerang remaja.

Mengenali 5 Gejala Anemia pada Remaja
http://theironmaiden.ca
7 Tanda Anemia, Perhatikan Tubuhmu Sebelum Terlambat!

TRIBUNNERS - Anemia merupakan penyakit yang sering terjadi di masyarakat kita, tidak hanya pada orang dewasa anemia juga bisa menyerang remaja.

Perempuan membutuhkan asupan zat besi yang lebih tinggi dibanding laki-laki.

Sebab tidak hanya digunakan untuk pertumbuhan, asupan zat besi yang masuk ini juga untuk menggantikan zat besi yang hilang melalui darah yang keluar setiap bulannya saat mestruasi.

Itulah mengapa perempuan lebih berisiko mengalami kekurangan zat besi atau anemia. Anemia pada remaja perempuan bisa berakibat panjang. Untuk itu penting Anda mengetahui gejala atau ciri anemia atau kurang darah, diantaranya ialah :

1. Kelelahan
Gejala satu ini sangat umum dan banyak terjadi, hal tersebut terjadi karena tubuh membutuhkan zat besi untuk membuat protein darah yang disebut hemoglobin.

2. Sesak Napas
Kekurangan kadar hemoglobin di dalam darah dapat berakibat pada kurangnya pasokan oksigen ke seluruh tubuh. Akibatnya dada akan terasa sesak walau hanya melakukan aktivitas ringan.

3.Pucat
Salah satu gejala utama anemia ialah kulit yang terlihat lebih pucat, ini karena hemoglobin merupakan zat pemberi warna merah di dalam darah. Itulah mengapa saat Anda kekurangan kadar hemoglobin, warna kulit akan terlihat lebih pucat.

4. Jantung Berdebar Cepat
Saat tubuh kekurangan zat besi, umumnya jantung akan mengalami palpitasi atau berdetak cepat melebih kondisi normal.

5. Tangan dan Kaki Terasa Dingin
Saat tubuh kurang darah akibat zat besi yang rendah, secara otomatis tangan dan kaki akan terasa dingin. Ini terjadi karena minimnya suplai oksigen yang dialirkan ke tangan dan kaki.

Selengkapnya

Penulis: silmi alimatul ukhti
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved