Tribunners / Citizen Journalism

Kabinet Jokowi

Wajah Garang Kabinet Indonesia Maju

Hari ini pelantikan Kabinet Indonesia Maju, hari yang ditunggu-tunggu rakyat Indonesia.

Wajah Garang Kabinet Indonesia Maju
Ist/Tribunnews.com
Rudi S Kamri, Pegiat Media Sosial. 

Oleh: Rudi S Kamri

TRIBUNNEWS.COM - Hari ini momen yang ditunggu-tunggu oleh rakyat Indonesia akhirnya menjadi kenyataan.

Presiden Joko Widodo  dengan didampingi Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin mengumumkan susunan kabinet yang dinamakan Kabinet Indonesia Maju.

Tidak ada kejutan yang berarti atas personalia kabinet tersebut karena selama dua hari sebelumnya publik sudah dibuat terkejut-kejut atas keputusan Presiden.

Kesan yang saya tangkap secara keseluruhan, Kabinet Indonesia Maju ini berwajah keras dan garang.

Penunjukan Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan (Menhan), Fachrul Razi sebagai Menteri Agama (Menag) dan Tito Karnavian sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) cukup mengesankan pragmatisme Presiden Jokowi dalam menyusun tim kerjanya.

Para menteri Kabinet Indonesia Maju diperkenalkan kepada media di depan kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, menjelang pelantikan Rabu pagi (23/10/2019). (ISTIMEWA)
Para menteri Kabinet Indonesia Maju diperkenalkan kepada media di depan kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, menjelang pelantikan Rabu pagi (23/10/2019). (ISTIMEWA) (ISTIMEWA)

Ada aroma kuat Presiden Jokowi ingin mengamankan program kerjanya tanpa pusing diganggu oleh kelompok- kelompok radikal yang berpotensi merongrong jalannya pemerintahan.

Dengan 'conductor' dari Mahfud MD sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), diharapkan potensi gangguan dari kelompok destruktif tersebut bisa dijinakkan dengan mudah.

Pekerjaan Rumah (PR) besar Mahfud MD adalah kepiawaiannya dalam menjinakkan singa tua Prabowo Subianto yang berpotensi besar melakukan politik keras dan 'single fighter' saat menjalankan operasionalisasi strategi pertahanan negara.

Rekam jejak Prabowo saat menjadi Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus yang 'show off' bisa dijadikan referensi.

Halaman
123
Editor: Hasanudin Aco
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved