Tribunners / Citizen Journalism

Deklarasi Komunitas Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Indonesia

PERSEPAKBOLAAN global berkembang sangat cepat dan dinamis. Dinamisasi perkembangan tersebut tidak terlepas dari pendekatan pengelolaan

Deklarasi Komunitas Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Indonesia
dok pribadi
Deklarasi Komunitas Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Indonesia 

PERSEPAKBOLAAN global berkembang sangat cepat dan dinamis. Dinamisasi perkembangan tersebut tidak terlepas dari pendekatan pengelolaan berbasis industri, manajemen rekruitmen, kesinambungan pembinaan dan pengembangan secara teratur dan terukur, dukungan infrastruktur fisik maupun non fisik yang memadai, serta transfer teknologi dan ilmu pengetahuan, pendidikan dan pengalaman tanpa henti. 

Sementara itu, perkembangan persepakbolaan nasional seperti berjalan di tempat, kalaupun tidak dikatakan mengalami kemunduran dengan prestasi yang naik turun.

Bahkan jika dibandingkan dengan prestasi persepakbolaan nasional era dekade tahun 1980an dan 1990an, prestasi persepakbolaan nasional saat ini justru mengalami kemunduran. 

Presiden Joko Widodo harus menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional

Dalam Inpres tersebut, Presiden menginstruksikan sejumlah pihak, yakni 11 Kementerian, 2 Pimpinan Lembaga serta Gubernur dan Bupati/Walikota di seluruh Indonesia untuk melakukan peningkatan prestasi sepak bola nasional dan internasional sesuai tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing. 

Bentuk dari peningkatan prestasi persepakbolaan tersebut, diantaranya: pengembangan bakat, pembenahan sistem dan tata kelola sepak bola serta mobilisasi pendanaan untuk pengembangan sepak bola nasional.

Bertolak dari rasa keprihatinan, keterpanggilan sekaligus tanggungjawab dan partisipasi untuk membantu mendorong percepatan pembangunan persepakbolaan Indonesia, maka kami yang terdiri dari sekelompok orang dengan berbagai latar belakang profesi dan keilmuan, serta atas berkat rahmat Allah Tuhan Yang Maha Esa dengan ini mendeklarasikan pembentukan “Komunitas Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Indonesia”. 

Komunitas Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Indonesia ini akan fokus bekerja untuk pengembangan inovasi, kreasi dan kolaborasi berbasis independensi, transparansi dan akuntabilitas untuk percepatan pembangunan dan kemajuan persepakbolaan Indonesia.  

Capaian-capaian komunitas ini akan didedikasikan guna mendukung pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya bagi upaya percepatan pembangunan dan kemajuan prestasi persepakbolaan Indonesia.

Editor: Toni Bramantoro
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved