Tribunners / Citizen Journalism

Banyak Perusahaan Terapkan Kebijakan Keamanan dan Kesehatan Kerja untuk Karyawan

Himbauan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk melakukan pembatasan jarak sosial, mereka mengambil langkah kebijakan untuk kesehatan

Banyak Perusahaan Terapkan Kebijakan Keamanan dan Kesehatan Kerja untuk Karyawan
dok. PT Tirta Investama
Salah satu pekerja mendistribusikan botol 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ditengah anjuran untuk melakukan pembatasan jarak sosial (Social Distancing) dalam rangka memutus mata rantai wabah COVID-19, banyak perusahaan menerapkan kebijakan keamanan dan kesehatan kerja untuk karyawan dengan tetap menjaga pasokan produk yang sangat dibutuhkan masyarakat.

PT Tirta Investama, perusahaan yang memproduksi Danone Aqua, merupakan salah satu perusahaan yang menerapkan penyesuaian kebijakan demi melindungi karyawan namun tanpa mengganggu pasokan produk ke masyarakat.

Sesuai himbauan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk melakukan pembatasan jarak sosial, mereka mengambil langkah kebijakan untuk kesehatan dan keamanan karyawan serta konsumen melalui jaminan kualitas dan ketersediaan produknya.

Berbagai upaya pencegahan dilakukan untuk memastikan kesehatan dan keselamatan ribuan karyawan perusahaan yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Perusahaan terus berupaya agar di tengah pandemi Covid-19, produk bagaimana tetap mampu memenuhi kebutuhan hidrasi sehat yang dibutuhkan masyarakat Indonesia.

Vera Galuh Sugijanto
Vera Galuh Sugijanto (dok pribadi)

“Sejak 17 Maret 2020, Danone Aqua telah menerapkan kebijakan kerja dari rumah bagi seluruh karyawan yang bekerja di kantor pusat. Pembatasan dan larangan bepergian, baik domestik maupun internasional, juga telah diberlakukan untuk seluruh karyawan tanpa terkecuali. Upaya ini sejalan dengan langkah-langkah perlindungan yang disampaikan oleh pemerintah Indonesia dan World Health Organization untuk melakukan pembatasan jarak sosial dengan orang lain setidaknya 2 meter,” ungkap Vera Galuh Sugijanto, Vice President Corporate Secretary Danone Indonesia di Jakarta, Rabu (25/3/2020).

Vera Galuh Sugijanto menjelaskan, sebagian karyawan seperti karyawan pabrik dan 8.000 petugas Aqua Home Service yang berada di garda terdepan pemenuhan kebutuhan dasar konsumen, tetap menjalankan tugasnya demi memenuhi kebutuhan harian masyarakat akan air mineral.

Salah seorang pekerja
Salah satu pekerja mendistribusikan botol

“Apresiasi setinggi-tingginya kami berikan kepada mereka yang bekerja dari hati, tetap semangat di area produksi dan operasi demi memastikan seluruh keluarga Indonesia dapat mengonsumsi cukup air setiap hari di rumah. Tentunya bagi mereka yang masih menjalankan tugas, perusahaan telah mengambil berbagai tindakan pencegahan dan langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan kesehatan dan keamanan karyawan tetap terlindungi selama bekerja. Salah satunya dengan menerapkan standar keamanan dan kebersihan yang lebih tinggi,” ujar Vera Galuh Sugijanto.

Dalam rangka memastikan area pabrik tetap bersih dan aman, Danone-Aqua memperketat peraturan memasuki area pabrik agar dapat mencegah potensi kontaminasi.

Beberapa aturan ini di antaranya adalah dengan tidak mengizinkan kunjungan tamu, memastikan hanya karyawan dan kontraktor yang dapat memasuki area pabrik, menerapkan pengukuran suhu tubuh, dan merekam catatan perjalanan.

Halaman
12
Editor: Toni Bramantoro
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved