Breaking News:

Tribunners / Citizen Journalism

Subsidi Pekerja Terdampak Pandemi

Selain untuk Bantuan Subsidi Upah Pekerja, Apa Guna Data BPJamsostek?

Data mikro ini jika dikelola secara tepat dan bertanggung jawab akan dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah di dalam tujuan yang berbasis asumsi ekonomi.

Istimewa
BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) mengelola empat program dana Jaminan Sosial (DJS) yaitu Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). 

Oleh Poempida Hidayatulloh

Data BPJamsostek adalah data yang sangat dinamis dan mencerminkan basis status keberadaan dunia tenaga kerja secara aktual.

Walaupun tidak terkinikan secara real-time, data tersebut secara dinamis ter-"update"paling tidak setiap harinya. Tentunya tergantung dari aktif atau tidaknya si pekerja sebagai peserta BPJamsostek.

Status pekerjaan seorang pekerja adalah cerminan basis ekonomi pada level paling mikro yang dimiliki Republik tercinta ini.

Data mikro ini jika dikelola secara tepat dan bertanggung jawab akan dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah di dalam tujuan yang berbasis asumsi ekonomi.

Baca: Dirut BPJamsostek : Waspada Pencurian dan Penipuan Data Penerima Subsidi Gaji

Jika basis data mikro ekonomi dikumpulkan secara masif dan diolah dalam bentuk yang bisa terpahami oleh pembuat kebijakan makro, maka kebijakan yang dihasilkan akan menjadi sangat akurat, relevan dan dapat memberikan manfaat yang lebih bagi masyarakat.

Sehingga berbagai program yang datang dari kebijakan tersebut akan memberikan suatu "impact" yang tepat sasaran.

Kita semua sering menyaksikan banyaknya prediksi kebijakan makro yang kurang tepat bahkan meleset.

Karena basis dari pengambilan keputusan pun masih bertumpu pada intuisi dari data yang kurang kaya.

Data detail pun tentunya harus diperkaya lagi. Ini dapat dilakukan dengan berbagai korelasi data dengan instansi lain yang juga kaya akan data.

Baca: BPJAMSOSTEK Serahkan Data Calon Penerima Bantuan Subsidi Upah

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved