Breaking News:

Tribunners / Citizen Journalism

Pakan Ternak Organik Fermentasi

Telur merupakan salah satu komoditas yang banyak diminati konsumen dan merupakan produk protein hewani yang murah dan terjangkau lapisan masyarakat.

dok pribadi
Dr.Ir. Rossyda Priyadarshini 

Oleh:  Rossyda Priyadarshini

Telur merupakan salah satu komoditas yang banyak diminati konsumen dan merupakan produk protein hewani yang murah dan terjangkau lapisan masyarakat.

Peningkatan produksi peternakan harus didukung dengan pengadaan pakan ternak yang berkualitas tinggi, tersedia dalam jumlah yang cukup, memiliki kontinuitas dan harga yang relatif murah serta tidak bersaing dengan kebutuhan manusia.

Penyediaan pakan merupakan kunci keberhasilan pada industri peternakan, khususnya ayam petelur.  Pengeluaran untuk komponen pakan mencapai 70% dari total biaya produksi.

Oleh karena itu pengetahuan dan ketrampilan serta inovasi untuk membuat pakan ternak berkualitas sekaligus murah menjadi suatu hal yang penting.  

Komponen utama dalam pakan ternak adalah tepung ikan sebagai sumber selulosa dan  bungkil kedelai sebagai sumber protein. 

Pakan ternak organik
Pakan ternak organik
Pakan siap jual
Pakan siap jual

Kedua komponen tersebut hingga saat ini masih impor, sehingga harga  menjadi sangat fluktuatif dan merupakan faktor pembatas bagi kesejahteraan peternak, karena profit menjadi sulit dikendalikan. 

Pemanfaatan bahan baku lokal yang melimpah ketersediaan dan kontinuitasnya serta memiliki kemampuan untuk menggantikan tepung ikan dan bungkil kedelai adalah salah satu terobosan penting bagi peternak. 

Pemanfaatan bahan baku pakan alternatif yang berkualitas dan terjaga kontinuitasnya diharapkan dapat menggantikan penggunaan tepung ikan dan bungkil kedelai yang harganya cukup mahal. 

Bahan baku pakan lokal umumnya masih memiliki karakteristik yang buruk, seperti tingginya kandungan serat kasar, rendahnya kandungan protein kasar bahan baku, keseimbangan asam amino yang rendah dan adanya zat anti nutrisi.

Halaman
123
Editor: Toni Bramantoro
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved