Breaking News:

Tribunners / Citizen Journalism

Komisi III DPR RI: Selamat Jalan Bapak Hukum Indonesia

Profesor Dr Muladi SH MH adalah sosok yang berwawasan luas di bidang hukum. Beliau yang membangun Mahkamah Partai Golkar.

Tribunnews.com/Chaerul Umam
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir 

OLEH: Adies Kadir, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Fraksi Partai Golkar

Profesor Dr Muladi SH MH adalah sosok yang berwawasan luas di bidang hukum. Saya beberapa kali bersama beliau dalam pelbagai rapat dan pembahasan, baik RUU maupun meminta masukan untuk banyak persoalan hukum di Komisi III DPR RI.

Beliau yang membangun Mahkamah Partai Golkar, di saat partai lain belum mempunyai mahkamah partai. Pak Muladi memulai terobosan adanya mahkamah partai di Indonesia, untuk mengatasi persengketaan internal di dalam tubuh partai, yang akhirnya dituangkan di dalam peraturan perundang-undangan.

Yang terakhir, kami, Komisi III DPR RI bersama sama Pak Muladi menyelesaikan RUU KUHP untuk disahkan menjadi Undang-Undang. Tapi sayang, di detik-detik terakhir saat akan disahkan di Rapat Paripurna DPR RI, Pemerintah membatalkannya.

Sebenarnya RUU KUHP ini cita-cita mulia beliau untuk mengubah sistem hukum di negara kita dan disesuaikan dengan kondisi masyarakat kita saat ini, di mana UU KUHP yang kita gunakan sudah berusia kurang-lebih 200 tahun sejak zaman Belanda.

Selamat jalan pejuang hukum, Bapak Hukum Indonesia, semoga husnul khotimah. (*)

Editor: Content Writer
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved