Breaking News:

Tribunners / Citizen Journalism

Filateli

Mengubah Paradigma Tentang Filateli

Seringkali muncul beberapa paradigma keliru tentang filateli di masyarakat sehingga hobi ini menjadi antara ada dan tiada.

Editor: Dewi Agustina
Foto Gilang Adittama
Tiga generasi kolektor prangko: penulis Gilang Adittama (kiri) termuda, dengan generasi senior (tengah) dan generasi yang lebih muda (kanan). 

Oleh Gilang Adittama *)

KEHARUSAN melakukan segala aktivitas di rumah selama pandemi, begitu banyak anak dan remaja di luar Indonesia berkesempatan untuk merasakan bertemu dengan tukang pos untuk mengambil kiriman.

Mereka secara tidak langsung dikenalkan keindahan secarik amplop dengan alamat tujuan dan sebuah karya seni kecil tertempel di pojok kanan atas.

Sebuah sampul surat dengan tempelan satu atau beberapa prangko beserta cap posnya sebetulnya belum menjadi pemandangan asing bagi generasi modern.

Pada binder, wadah pensil, stiker dinding, dan benda-benda lainnya seringkali terdapat desain berupa entire cover atau sampul surat utuh.

Melihat fakta bahwa barang-barang tersebut laku di pasaran, bolehlah kita asumsikan bahwa benda pos belum kehilangan daya pikat magisnya.

Sayangnya, seringkali muncul beberapa paradigma keliru tentang filateli di masyarakat sehingga hobi ini menjadi antara ada dan tiada.

Filateli selalu disebut sebagai the king of hobbies (rajanya segala hobi), namun saat ini apakah sang raja tua masih bertahta di hati rakyat kita? Ataukah singgasana sang raja telah tergantikan oleh gaming chair dan sadel sepeda?

Saat ini tampaknya filateli sudah kalah populer dari game online dan bersepeda.

Prangko Terbitan Monaco
Prangko terbitan Monaco dengan gambar kolektor yang sedang menekuni albumnya.

Hal ini bukan semata–mata karena hobi tersebut memang usang, tetapi juga disebabkan oleh minimnya penggunaan prangko dalam sistem pengeposan di Indonesia.

Halaman
1234

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved