Tribunners / Citizen Journalism

Pemberdayaan Ekonomi Umat Berbasis Cendekia IMTAQ dan IPTEK

Zakat diyakini bisa untuk pemberdayaan ekonomi kaum dhuafa. Ringkasannya dapat dijelaskan dalam poin rangkuman berikut ini.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Warga membayar zakat di stan pelayanan zakat fitrah, Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (29/4/2022). Baznas Masjid Istiqlal membuka layanan zakat fitrah hingga malam takbiran dengan besaran 3,5 liter atau 2,7 kilogram beras atau uang sebesar Rp 50.000 per orang. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Zakat diyakini bisa untuk pemberdayaan ekonomi kaum dhuafa.

Ringkasannya dapat dijelaskan dalam poin rangkuman berikut ini.

Pertama: Salah satu tujuan pendistribusian zakat untuk pemberdayaan ekonomi kaum dhuafa dimaksudkan agar fakir miskin dapat berdaya dalam berusaha sehingga tidak terjebak dalam kemiskinan abadi.

Kedua: Pemberian Zakat untuk pemberdayaan ekonomi kaum dhuafa menggunakan konsep qordhul hasan (pinjaman kebajikan) yang dikembalikan sewaktu-waktu oleh penerima manfaat tanpa menambahkan sesuatu apapun dari pokoknya..

Baca juga: Kemenag Manfaatkan KUA untuk Maksimalkan Penggunaan Dana Zakat

Manakala usaha mereka telah membuahkan hasil dan menyisihkan sebahagaian pendapatan mereka untuk menabung sebagai cadangan yang dapat digunakan sewaktu-waktu untuk pengembangan usaha kedepannya

Ketiga: Pada dasarnya zakat pemberdayaan ekonomi untuk fakir miskin adalah hak sepenuhnya milik fakir miskin dari 8 ashnaf sehingga manakala dari usaha mereka terdapat kegagalan berusaha atau tidak berhasil maka bagi mereka tidak perlu mengembalikan pinjaman qordhul hasan dimaksud.

Keempat: Adanya pengembalian dana qordhul hasan dari kaum dhuafa berdaya dimaksudkan agar tercipta pemerataan penerima manfaat dengan cakupan wilayah yang lebih luas.

Kelima: harapan lain adanya pengembalian dana qordhul hasan dimaksudkan agar tercipta revolving fund yang berasal tabungan dari dana mereka untuk mereka dan oleh mereka sehingga mengangkat kapasitas mereka untuk naik kelas, semula mustahik kedepannya menjadi muzakki.

Sambungan cukilan tulisan kali ini akan menyampaikan konsep sederhana dari pendampingan itu sendiri.

Pendampingan UMKM dapat diartikan secara luas yaitu sebagai sebuah upaya membantu, mengarahkan dan mendukung terhadap individu/kelompok UMKM, dan Koperasi melalui perumusan masalah, merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi dalam pengembangan usahanya.

Halaman
123

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved