Tribunners / Citizen Journalism

Anies Baswedan dan Demokratisasi Trotoar yang Mensetarakan

Fenomena di SCBD, jantung Kota Jakarta inilah yang disebut Anies sebagai demokratisasi trotoar, karena menjadi milik semua.

Istimewa
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi fenomena remaja Citayam dan Bojonggede yang nongkrong di kawasan Sudirman atau dikenal dengan nama SCBD 

Oleh:
Qusyaini Hasan
Pemerhati sosial perkotaan

TRIBUNNERS - Puluhan remaja usia sekolah berkerumun di Taman Stasiun MRT Dukuh Atas, Jakarta, Jumat (8/7/2022). Beberapa lainnya mendatangi Terowongan Kendal.

Mereka mengenakan busana yang tak biasa, atau mungkin mereka anggap menarik.

Saat ditelisik, sebagian besar remaja berasal dari sejumlah daerah di sekitar Jakarta, seperti Citayam, Bogor, Depok, dan sekitarnya, dan tengah mengisi hari libur sekolah mereka.

Keberadaan mereka dengan mode busananya ini memunculkan istilah ”Citayam Fashion Week”.

Lahir pula istilah fenomena SCBD, singkatan dari Sudirman, Citayam, Bojonggede dan Depok. Plesetan lainnya dari Sudirman Centre Business District.

Fenomena ini menjadi salah satu pertanyaan media saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat melakukan pencanangan dan ground breaking terowongan bawah tanah pertama bagi pejalan kaki yang menghubungkan Stasiun MRT Dukuh Atas dengan Thamrin Nine Complex di Thamrin Nine Complex, pada Kamis, 7 Juli 2022.

Menurut Anies, seperti yang digelorakan sebelumnya, kawasan Dukuh Atas, Terowongan Kendal, dan puluhan area publik lainnya di Jakarta dibangun sebagai ruang ketiga yang memang disediakan sebagai ruang yang mensetarakan.

Baca juga: Apa Itu SCBD? Segitiga Emas Jakarta, Dulunya Lahan Kumuh Kini Jadi Kawasan Elite

Pada periode sebelumnya, Kawasan protokol Jakarta, seperti Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH. Thamrin, serta jalanan lebar lainnya di Jakarta hanya dapat dinikmati oleh mereka yang bekerja di wilayah itu saja, dan orang luar tidak bisa menikmatinya.

Jalan terbesar di Jakarta itu, kata Anies, hanya dimiliki oleh mereka yang bekerja di kawasan tersebut.

Halaman
123

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved