Aturan Baru Taksi Online Tuntas Pekan Ini, Diatur Tarif Maksimal Rp 6 Ribu/Km

Aturan baru taksi online pengganti Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017 bakal terbit pada minggu ini.

Aturan Baru Taksi Online Tuntas Pekan Ini, Diatur Tarif Maksimal Rp 6 Ribu/Km
Ria Anatasia
Para pengemudi taksi online mendengarkan sosialisasi aturan baru taksi online pengganti Peraturan Menteri Perhubungan 108 Tahun 2017 di Hall Basket GBK, Jakarta, Selasa (4/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi memastikan, aturan baru taksi online pengganti Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017 bakal terbit pada minggu ini.

Hari ini, Kemenhub telah mengirimkan rancangan peraturan tersebut ke Kementerian Hukum dan HAM. Begitu diterbitkan, peraturan baru tersebut, kata Budi, akan segera dijalankan.

"Sudah, hari ini tinggal diperundangkan di Kemenkumham. Sudah kita kirim ke sana hari ini. Minggu ini sudah selesai semua lah," ucap Dirjen Budi usai sosialisasi aturan taksi online ke 1.500 pengemudi taksi online di Hall Basket GBK, Jakarta, Selasa (4/12/2018).

Dalam sosialisasinya, Budi meyebutkan tiga aspek utama yang perlu diperhatikan para driver, yaitu keamanan, kenyamanan dan keselamatan.

Baca: Aturan Baru Soal Taksi Online: Driver Tak Boleh Pakai Sandal dan Merokok

"Peraturan baru ini sangat memihak pada para pengemudi," klaim Budi.

Aturan baru ini dibuat untuk menindaklanjuti sejumlah poin dalam PM Nomor 108 Tahun 2017 yang dicabut Mahkamah Agung pada September 2018 lalu.

Baca: Kepincut ke Nduga, Panglima TNI-Kapolri Pernah Larang Jokowi Lakukan Kunjungan

Pasca dicabut MA, butir-butir pasal tersebut menjadi tidak sah dan tidak berlaku lagi secara umum.

Tak hanya mengganti pasal yang sudah tak berlaku, aturan baru ini juga mengatur tentang penentuan tarif dalam Peraturan Dirjen Perhubungan Darat.

Untuk wilayah Sumatra, Jawa, dan Bali bertarif Rp 3.500 sampai Rp 6 ribu perkilometer. Sedangkan pada wilayah Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua bertarif Rp 3.700 sampai Rp 6.500 perkilometer.

Penulis: Ria anatasia
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved