Bagaimana Lansia di Tiongkok Atasi Masalah Kesehatan Demi Umur Panjang?

Anggota generasi tua atau lansia di Tiongkok—lebih terdidik dan gesit daripada generasi sebelumnya—memutuskan menangani kesehatannya sendiri.

Bagaimana Lansia di Tiongkok Atasi Masalah Kesehatan Demi Umur Panjang?
LAM YIK FEI, NEW YORK TIMES/REDUX
Di Tiongkok, orang yang mencari umur panjang datang ke desa Bama untuk menghirup udara di dalam gua yang disebut Baimo, yang konon memiliki kekuatan penyembuhan. 

TRIBUNNEWS.COM - Tiongkok ada di ambang pergeseran demografis. Pada dua dekade ke depan, ledakan kelahiran bayi 1960-an akan memasuki “jumlah lansia terbanyak dalam sejarah Tiongkok,” ungkap Yu Xie, sosiolog Princeton University.

Sementara pemerintah bersiap menghadapi peningkatan beban kerja pada sistem medis, anggota generasi tua atau lansia ini—lebih terdidik dan gesit daripada generasi sebelumnya—memutuskan menangani kesehatannya sendiri.

“Mereka merasa tak bisa mengandalkan pemerintah,” kata Xie, sehingga “beralih ke metode tradisional.”

Seringkali hal ini berupa pengobatan alternatif, seperti akupunktur dan pengobatan herbal. Namun terkadang, metode ini membuat orang “mencari solusi mudah dan cepat.”

Semakin banyak orang yang meninggalkan kota berpolusi dan kemudian membawa penyakit mereka ke “desa umur panjang".

Baca: Sumpek di Kota? Menyepilah ke Kampung Naga

Bama, daerah otonom dengan banyak penduduk berusia di atas seratus tahun, menerima setidaknya dua juta pengunjung per tahun. Pasien kanker dan korban stroke pergi ke sana untuk menjalani perawatan alami.

Pedesaan Tiongkok merengkuh potensi finansial dari jenis ekowisata ini, ungkap ekonom Karen Eggleston dari Stanford.

Namun, tanpa regulasi, populasi lansia ini mengalami risiko, “menjadikan mereka mangsa orang-orang yang mencari uang cepat,” ungkapnya.(*)

Berita ini sebelumnya telah dimuat di National Geographic Indonesia dengan judul Kisah Lansia Tiongkok Mencari Umur Panjang dengan Metode Tradisional

Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved