Ahok Masuk Jajaran "Para Pemikir Dunia"

Jokowi yang kini menjadi Presiden Indonesia mendapat kehormatan masuk daftar ini pada 2013 tatkala masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Ahok Masuk Jajaran
Tribunnews.com/Lendy Ramadhan
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). 

TRIBUNNEWS.COM, SINGAPURA - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama masuk daftar bergengsi “Top Global Thinkers 2017” versi majalah ternama Foreign Policy.

Pria yang kerap disapa Ahok itu bergabung dengan tokoh-tokoh dunia ternama.

Di antaranya Presiden Perancis Emmanuel Macron, Presiden Korea Selatan Moon Jae In, Pemimpin oposisi Inggris Jeremy Corbyn, Senator California sekaligus capres potensial AS di 2020 Kamala Harris, The Silence Breakers, para perempuan penggerak gerakan fenomenal #MeToo, serta nama ternama lainnya di daftar yang dirilis awal pekan ini.

Baca: Politikus Gerindra Prediksi Nasib Jokowi Bakal Sama dengan Ahok

Tercatat, ada 48 tokoh yang dinilai sebagai sosok yang mendefinisikan tahun 2017 dengan kontribusi menonjol yang membentuk pemikiran dunia.

Ahok menjadi satu-satunya tokoh Indonesia yang berada dalam daftar tersebut.

Seorang Minoritas Ganda

Ahok, menurut editor Foreign Policy Benjamin Soloway, digambarkan sebagai ikon yang berdiri tegak melawan meningkatnya hantu fundamentalis di Indonesia.

Pria dari etnis Tionghoa beragama Kristen Protestan berlidah sangat tajam di negara dengan jumlah pemeluk Islam terbesar di dunia, Ahok disebut bukan tipikal politisi biasa Indonesia.

Mulai dari momen ketika mantan bupati Belitung Timur itu menginjakan kaki di Balai Kota Jakarta 2012, Ahok sudah diprediksi akan menjadi sosok yang mengundang polarisasi.

Halaman
1234
Editor: Hasanudin Aco
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help