Pilpres 2019

Penilaian Jusuf Kalla Tentang Jokowi dan Prabowo Subianto di Debat Kedua Capres 2019

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyaksikan debat kedua Capres 2019 melalui acara nonton bareng (nobar) yang digelar di kediamannya.

Penilaian Jusuf Kalla Tentang Jokowi dan Prabowo Subianto di Debat Kedua Capres 2019
tribunnews.com/Fitri Wulandari
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) saat ditemui usai nontom bareng Debat Kedua Capres-Cawapres 2019, di kediaman resminya, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (17/2/2019) malam. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyaksikan debat kedua Capres 2019 melalui acara nonton bareng (nobar) yang digelar di kediamannya, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (17/2/2019) malam.

Menurut Jusuf Kalla, jalannya debat capres 2019 yang mempertemukan Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto, lebih baik dibandikan debat pertama.

"Debat ini sudah lebih bagus, artinya sudah lebih terbuka dibanding dengan sebelumnya," ujar Jusuf Kalla kepada awak media.

Ia kemudian melihat sosok Jokowi sebagai kandidat yang unggul lantaran memiliki pengalaman dalam menjalankan program-programnya.

Baca: Dinilai Serang Prabowo Secara Personal, Ketua BPN Sebut Jokowi Curang

"Karena itu pak Jokowi di sini secara umum lebih baik daripada Prabowo karena pengalaman," jelas Kalla.

Suami dari Mufidah Kalla itu kemudian menekankan bahwa Jokowi menjelaskan pemaparannya menggunakan data yang faktual karena telah memiliki rekam jejak pernah memimpin bangsa.

"Karena beliau (Jokowi) menjawab dari pengalaman yang ada, dari apa yang telah dilaksanakan sehingga lebih faktual," kata Kalla.

Meskipun menilai Jokowi berada di atas angin lantaran didukung sederet pengalaman, namun Kalla turut menghargai Prabowo yang ia anggap memiliki sikap jujur dan 'berjiwa besar' yang layak dihormati.

Baca: Fadli Zon Puji Pergaulan Anak Prabowo Subianto

Ia melihat Prabowo sebagai sosok yang tidak sungkan mengakui kehebatan dan keberhasilan rivalnya, jika memang program yang dijalankan rivalnya itu sukses.

"Saya juga menghargai pak Prabowo karena kejujurannya, artinya kalau itu terasa hebat dia anggap baik, dia akan puji pak Jokowi," tegas Kalla.

Dalam nobar tersebut, Kalla didampingi oleh pengusaha Sofjan Wanandi.

Selain itu, sang istri, Mufidah Kalla pun sempat ikut menyaksikan nobar tersebut.

Perlu diketahui, Debat Kedua Capres-Cawapres 2019 yang memiliki tema Energi, Pangan, Infrastruktur, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup itu telah digelar di Hotel Sultan Jakarta.(*)

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved