Kisah Ari yang Terbang ke 3 Negara Ini Berkat Program Beasiswa

Proses seleksi beasiswa ini dimulai dengan selesksi di tingkat perusahaan meliputi tes psikotes, wawancara.

Kisah Ari yang Terbang ke 3 Negara Ini Berkat Program Beasiswa
TRIBUNNEWS/SYAHRIZAL SIDIK
Ari, warga asal Bangkinang, adalah salah satu penerima beasiswa PT RAPP. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Syahrizal Sidik

TRIBUNNEWS.COM, PANGKALAN KERINCI – Melalui program pemberdayaan masyarakat, PT Riau Andalan Pulp And Paper (RAPP) memberikan bantuan beasiswa pendikan untuk untuk warga yang kurang mampu dan karyawan perusahaan. Beasiswa diberikan mulai dari jenjang D3 sampai program magister. 

Ari, warga asal Bangkinang, adalah salah satu penerima beasiswa PT RAPP.

Wanita lulusan Teknik Kimia Universitas Sriwijaya ini mendapat bantuan beasiswa magister di Asian Instute of Technology, Thailand untuk periode 2010-2012. Ari mengambil studi Pulp and Paper Industry. Ari adalah karyawan PT RAPP yang sudah bekerja di departemen Continous Improvement.

“Untuk 2010, di angkatan saya ada 5 orang yang menerima beasiswa magister, saya jadi satu-satu perempuan pada waktu itu,” ujar Ari saat ditemui di Hotel Unigraha, Pangkalan Kerinci, Riau, Rabu (13/9/2017).

Proses seleksi beasiswa ini dimulai dengan selesksi di tingkat perusahaan meliputi tes psikotes, wawancara. Setelah itu tes di univesitas terkait dan tes TOEFL.  

“Bantuan beasiswa saya sekitar 60 juta per semester,  biaya hidup 15 ribu baht atau sekitar 6 juta rupiah, gaji pun tetap dibayarkan, karena yang ikut sudah ada yang berkeluarga, jadi seperti PNS,” ujar Ari.

Pengalaman Baru

Belajar di negeri orang, awal-awal sempat membuatnya kikuk. Tapi, akhirnya biasa diatasinya dengan baik, malah memberinya peluang baru.  Ia pun turut menyemangati kepada generasi muda agar mau mencoba.

Baca: NOAH Rilis Single Anyar di Hari Ulang Tahun Ariel

“Sewaktu kuliah master, saya bisa ke Jepang, Kanada, lewat program Summer School. Itu dapat pembiayaan dari Universitas yang mengundang,” tambahnya.

Ari mendapat kesempatan mengikuti program Summer School selama 4 bulan di Tohoku University dan University of British Columbia (UBC).

Baca: Burung Paiman Ikut Terbakar Saat Api Melalap Tokonya

Dirinya memanbahkan, adanya bantuan beasiswa pendidikan ini terus mendorong manfaat ekonomi. Sebagai contoh, beasiswa diberikan perusahaan beragam untuk kalangan tidak mampu seperti program Sayap Garuda maupun Tanoto Foundation.

Penulis: Syahrizal Sidik
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved