Hasil Survei, Effendi Simbolon Diminati Warga Pimpin Sumatera Utara

Lembaga Indonesia Network Election Survei (INES) menggelar survei menjelang pemilihan gubernur Sumatera Utara.

Hasil Survei, Effendi Simbolon Diminati Warga Pimpin Sumatera Utara
TRIBUN BALI/RIZAL FANANY
Ilustrasi Pilkada 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga Indonesia Network Election Survei (INES) menggelar survei menjelang pemilihan gubernur Sumatera Utara.

Hasil survei menunjukkan tingkat popularitas tokoh calon Gubernur Sumatera Utara yakni T Erry Nuradi 77,8%, Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi 70,6 %, Tifatul Sembiring 70,10% , Gus Irawan Pasaribu 76,20%, Effendi MS Simbolon 77,60% dan Maruarar Sirait 68,90%.

Kemudian, Bupati Simalungun yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Sumut, JR Saragih 69,60% dan Bupati Langkat sekaligus Ketua DPD Partai Golkar Sumut, Ngogesa Sitepu 70,40%.

Baca: Ini 5 Fakta yang Bikin Heboh Sidang Setya Novanto

Sementara untuk tingkat akseptabilitas para tokoh yang diterima masyarakat Sumut sebagai Calon Gubernur Sumatera Utara, nama petahana Gubernur T Erry Nuradi memiliki tingkat akseptabilitas 70,9%, Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi 73,3 %, Tifatul Sembiring 69,3%, Gus Irawan Pasaribu 72,7%, Effendi MS Simbolon 74,2% dan Maruarar Sirait 71,8%.

Kemudian ada juga nama JR Saragih 73,7% dan Bupati Langkat sekaligus Ketua DPD Partai Golkar Sumut, Ngogesa Sitepu 73,6%.

"Dan ketika diuji dalam survey jajak pendapat ini maka Effendi MS Simbolon dianggap tipe pemimpin yang paling tinggi memiliki tingkat Kompentensi yaitu 75,8%, dimana dia dinilai sebagai seorang tokoh yang memiliki kemampuan dan akuntabilitas sebagai pemimpin terhadap kelompoknya," kata Direktur Eksekutive INES, Chaerudin Affan dalam keterangan tertulis, Kamis (14/12/2017).

Baca: Ini 4 Politikus yang Disebut Menerima Uang Korupsi E-KTP dalam Dakwaan Novanto

Chaerudin mengatakan Simbolon bisa dengan mudah mendapatkan followers dan bukan teralienasi di pucuk pimpinan, dan hanya dituruti karena sistem yang ada.

"Sementara petahana Tengku Erry Nuradi hanya memiliki tingkat kompentensi sebagai pemimpin 72,30% dan Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi 75,7 %," tukasnya.

Halaman
12
Editor: Ferdinand Waskita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved