Tribunners / Citizen Journalism

'Saya Tersenyum Simpul Ribuan Kilometer Jalan Tol Hampir Rampung'

Tujuan pertama rombongan mendarat di Pos Polisi Cikopo, Jawa Barat untuk menerima paparan dari Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto.

'Saya Tersenyum Simpul Ribuan Kilometer Jalan Tol Hampir Rampung'
ISTIMEWA
Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) dua dari kanan, bersama Menko PMK Puan Maharani, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat meninjau jalur mudik di 3 provinsi utama, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur 

Oleh Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet)
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Sinar matahari pagi itu menyambut hangat kedatangan saya di landasan Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (10/6/2018). Sehangat keakraban Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Saya bersama Kapolri, Panglima TNI dan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani sebagai wakil pemerintah serta sejumlah menteri Kabinet Kerja saat itu, akan meninjau jalur mudik di 3 provinsi utama, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Turut bersama kami antara lain Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Badan SAR Nasional Marsdya Muhammad Syaugi, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR Herry Zuna, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi, Dirut Jasa Marga Desi Arryani.

Menggunaan 4 unit helikopter, 2 helikopter Dauphin dari Polri dan 2 unit helikopter Caracal serta helikopter Super Puma dari TNI. Setelah berbincang-bincang dan mendapat menjelaskan tentang tujuan dan rute kunjungan oleh Kapolri, kami lepas landas sekitar pukul 08.00 WIB dari Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Tujuan pertama rombongan mendarat di Pos Polisi Cikopo, Jawa Barat untuk menerima paparan dari Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto.

Dari ketinggian tampak ruas jalan tol Jakarta-Cikampet padat merayap karena terjadinya penyumbatan jalan adanya proyek pembangunan jalan yang belum selesai. Selebihnya dari Cikampek ke arah Cirebon terlihat lancar. Saya satu heli dengan Panglima TNI, Kepala Basarnas dan Plt Direktur Pertamina yang duduk di baris depan. Sementara saya, Kapolri dan Menko PMK duduk di baris belakang.

Puan sibuk mengabadikan ruas-ruas jalan tol dari kejauhan sementara saya lirik Kapolri tampak menyandarkan kepala sambil mencoba memejamkan mata.

Setelah sekitar 25 menit di udara, kamipun mendarat dan disambut kesenian tari Rampak Gendang khas Jawa Barat yang dibawakan pasukan gabungan TNI-Polri. Hati saya bergetar, kekompakan yang ditunjukan Kapolri dan Panglima TNI juga terlihat sampai ke prajurit di lapangan.

Ini menunjukan kesolidan TNI-Polri dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Jika TNI-Polri sudah solid, berarti negara aman dan masyarakat akan terjamin keselamatannya.

Baik Kapolri dan Panglima TNI telah memberikan tauladan kepada masyarakat, diantara mereka tidak terlihat persaingan maupun adu gensi. Bahkan tak jarang saling memuji. Keduanya seiring sejalan dalam berbakti kepada negeri untuk melayani masyarakat sepenuh hati. Dalam hati saya bergumam, harusnya para elite politik juga mencontoh kemuliaan hati Kapolri dan Panglima TNI.

Halaman
1234
Editor: Rachmat Hidayat
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Klasemen Piala Asia

Rank Negara
Total
1China30181260
2Japan12171746
3Korea8121434
4Indonesia52310
5Iran43512
Lihat Selengkapnya
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help