Bea Cukai Lepas Ekspor Komoditas Pertanian Sulawesi Utara

Memiliki fungsi sebagai trade facilitator dan industrial assistance, Bea Cukai dituntut untuk dapat mendorong dan mendukung industri, baik industri ke

Bea Cukai Lepas Ekspor Komoditas Pertanian Sulawesi Utara
Bea Cukai
barang ekspor sulawesi utara 

TRIBUNNEWS.COM, MINAHASA UTARA 23/09/2019 – Memiliki fungsi sebagai trade facilitator dan industrial assistance, Bea Cukai dituntut untuk dapat mendorong dan mendukung industri, baik industri kecil, menengah, dan besar, untuk dapat menjalankan proses bisnis dengan baik dan mengembangkan usaha sehingga volume dan nilai ekspor semakin meningkat, yang pada akhirnya berdampak baik terhadap perbaikan perekonomian Indonesia.

Hal ini pun tercermin dari keikutsertaan Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara dalam pelepasan ekspor komoditas pertanian PT Royal Coconut, pada Jumat (20/09).

Kepala Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara, Cerah Bangun, beserta Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil dan Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado, Junaidi, melepas 6.947 ton komoditas pertanian berupa tempurung kelapa, fully, kopra expeller, cengkeh, dan biji pala, senilai Rp19,4 miliar.

Baca: Ini Hasil Operasi Gempur Rokok Ilegal Bea Cukai Bali Nusra

Baca: Bea Cukai Soekarno-Hatta Musnahkan Minuman-Makanan Tanpa Izin BPOM

Cerah Bangun menyebutkan pencapaian ekspor komoditas pertanian dari Sulawesi Utara naik drastis. “Tahun lalu hanya sekitar Rp106,7 miliar, sedangkan di tahun ini terhitung hingga September 2019 ekspor komoditas pertanian sudah mencapai Rp1 triliun. Kami berikan apresiasi sebesar-besarnya kepada petani dan pelaku usaha agri bisnis di Sulawesi Utara," ungkapnya.

Ia pun mengungkapkan terlaksananya kegiatan ekspor tersebut merupakan bentuk sinergi yang baik antara semua pihak yang terlibat. Tidak hanya pemerintah saja tetapi juga kontribusi dari seluruh pelaku usaha.

Dengan visi dan semangat yang sama dari seluruh pihak terkait, ekspor ini dapat direalisasikan. Diharapkan dengan ekspor ini perekonomian Sulawesi Utara semakin maju dan sejahtera. (*)

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved