Implementasi e-CD Bantu Efisiensi Pelaporan Barang Bawaan Penumpang Luar Negeri

Customs Declaration (CD) merupakan pemberitahuan pabean atas barang bawaan penumpang dari luar negeri yang diatur dalam PMK 203 Tahun 2017.

Editor: Content Writer
dok. Bea Cukai
Di Bandar Udara Soekarno-Hatta, piloting pengisian e-CD untuk seluruh maskapai penerbangan diterapkan sejak tanggal 5 September 2022. 

TRIBUNNEWS.COM - Dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efiesiensi pelayanan dan pengawasan terhadap barang bawaan penumpang dari luar negeri, Bea Cukai mengimplementasikan pengisian customs declaration (CD) secara elektronik atau e-CD.

CD sendiri merupakan pemberitahuan pabean atas barang bawaan penumpang dari luar negeri yang diatur dalam PMK 203 Tahun 2017. Pemberitahuan ini disampaikan oleh penumpang yang tiba di Indonesia melalui bandara internasional secara tertulis.

Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno Hatta, Finari Manan mengatakan di Bandar Udara Soekarno-Hatta, piloting pengisian e-CD untuk seluruh maskapai penerbangan diterapkan sejak tanggal 5 September 2022.

"Demi meningkatkan kepatuhan penumpang serta melakukan pendataan nasional atas seluruh lalu lintas penumpang yang masuk ke Indonesia, Bea Cukai Soekarno-Hatta bekerja sama dengan dengan Direktorat Teknis Kepabeanan dan Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai melaksanakan piloting penerapan e-CD ini," ungkap Finari.

Hal tersebut menurutnya sejalan dengan kampanye lingkungan Go-Green dengan mengurangi penggunaan kertas. Selain itu, pengisian CD secara elektronik juga dapat dilakukan sebelum tiba di Indonesia sehingga menghindari antrian saat tiba.

Finari juga mengatakan demi mengantisipasi penumpukan di terminal kedatangan, sosialisasi dan edukasi terkait e-CD sebelumnya telah digelar dengan menggaet komunitas Bandara Soekarno-Hatta serta seluruh maskapai penerbangan yang melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Kegiatan piloting dilakukan berbarengan dengan kegiatan evaluasi dan monitoring penerapan e-CD secara nasional sehingga diharapkan dalam waktu dekat diharapkan dapat diterapkan di seluruh bandara internasional di Indonesia. Tentunya, dukungan berbagai pihak, utamanya maskapai penerbangan dan masyarakat untuk bersama-sama mengetahui kebijakan ini akan memudahkan penerapan e-CD, serta membantu pengelolaan lalu lintas penumpang untuk kepentingan keamanan dan pengawasan Bea Cukai," tutupnya.(*)

KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved